logo
logo
Selamat Datang di Website Resmi Kodam Iskandar Muda

Panen Serantak, Babinsa Kodim 0107/Aceh Selatan Bantu Petani

Babinsa Dim aceh selatan bantu panen serentak petani 2

ACEH SELATAN. Periode Musim panen raya serentak kini dimulai di provinsi Aceh, tidak tekecuali diwilayah pantai barat selatan aceh tepatnya di kecamatan Labuhan Haji Barat Kabupetne Aceh Selatan.

Terkait dengan kegiatan panen serentak tersebut, TNI bersama pemerintah sebagai mitra petani dalam usaha peningkatan hasil pertanian petani baik sebagai pendorong, penyuluh, dan membantu mengolah lahan pertanian hingga penen tiba siap untuk membantu para petani dalam memanen padi mereka.

Sertu Jahari Babinsa Koramil 10/Labuan Haji Barat Kodim 0107/Aceh Selatan membantu panen padi petani dilahan sawah milik bapak Biuren Umami di Desa Teungah Ibo Kec. Labuan Haji Barat, Minggu (28/08).

Program tanam dan panen serentak yang digalakan oleh pemerintah merupakan upaya memenuhi stok beras dalam negeri mewujudkan swasembada pangan dan mengurangi impor.
“panen serentak yang dilaksanakan menunjukan keberhasilan pemerintah dalam menerapkan sisitem dan pola tanam serentak yang di galakan, dan hasil panen juga menunjukan peningkatan”, ungkap Jahri.

Peran Babinsa jajaran Kodim 0107/Aceh Selatan terus dioptimalkan bersama PPL dan pemerintah terus mendukung kegiatan Upsus untuk mendukung dan mendorong upaya peningkatan produktifitas pertanian dalam mewujudkan swasembada program ketahanan pangan dengan memotivasi para petani untuk giat dalam kegiatan penamanan padi.

Selalin itu, pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi, serta gerakan tanam cepat padi. Pemberian bantuan alat dan mesin pertanian, pupuk yang diberikan oleh pemerintah berdampak mempercepat olah tanam, waktu tanam, panen dan pascapanen, serta efisiensi biaya dan mengurangi kerugian. Dan terbukti penerapan seperti pola tanam jajar dan penggunaan benih unggul mampu mendongkrak dan meningkatkan produktivitas. Ungkapnya.

Baca Juga:  Bersama Dengan Petani Padi Desa Binaannya, Sertu Samsul Sugito Bantu Cabut Bibit Padi Siap Tanam