logo
logo
Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayor Jendral TNI Abdul Hafil Fuddin SH, SIP, MH, berserta seluruh jajaran Kodam Iskandar Muda, dan Persit Kartika Chandra Kirana, mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriah Tahun 2018 Masehi, kepada seluruh umat muslim khususnya di Provinsi Aceh

Satuan Kodam IM Ikuti Sosialisasi Program RKA secara Online

whatsapp-image-2016-11-16-at-09-43-22

BANDA ACEH. Inspektorat Kodam Iskandar Muda (Irdam IM) Kolonel Inf Fajar Budiman membuka acara sosialisasi penelaan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) serta Bimbingan Teknis (BIMTEK ) aplikasi Laporan Pelaksanaan Anggaran (LAPLAKGAR)  TNI-AD  TA. 2017 secara Online atau Offline di Balai Teuku Umar (BTU) Kodam IM. Rabu (15/11/16).

Sosialisasi yang dilaksanakan selama tiga hari diikuti 80 prajurit dan PNS perwakilan tiap- tiap satuan jajaran Kodam Iskandar Muda.

Pangdam IM  Mayjen TNI Tatang Sulaiman melalui Irdam menyampaikan bahwa, aplikasi  Laporan Pelaksanaan Anggaran (Laplakgar) merupakan sarana pelaporan pelaksanaan anggaran yang memuat data penyerapan anggaran guna memantau pelaksanaan program kegiatan yang dilaksanakan oleh satuan.

Seiring dengan adanya perkembangan kebijakan pemerintah tentang akuntabilitas kinerja serta tuntutan  reformasi birokrasi, maka seluruh satuan dituntut untuk selalu menyesuaikan dan mampu mengikuti dinamika tugas yang terjadi dengan melakukan berbagai pembenahan sistem perencanaan dan administrasi pelaksanaan program dan anggaran kegiatan.

Dengan demikian, Pangdam berharap, sosialisisasi ini dapat diperoleh data Rencana Kerja dan Anggaran( RKA) yang akurat serta dapat dijalankan untuk mendukung pencapaian tugas pokok secara optimal dan sistem pelaporan pelaksanaan anggaran yang dapat menyajikan data secara cepat dan akurat sesuai dengan tuntutan komando atas maupun kebijakan pemerintah.

Terkait hal tersebut, Pangdam menekankan kepada para peserta, ikuti kegiatan sosialisasi ini dengan seksama dan pahami seluruh materi yang disampaikan secara utuh sehingga para peserta dapat  mencermati dan mendalami hal-hal yang berkaitan dengan tertib administrasi agar mampu mendukung pelaksanaan tugas pokok satuan secara transparan dan akuntabel guna mewujudkan pencapaian opini.

‘’Tanyakan hal-hal yang kurang dipahami agar dapat diperoleh pemahaman terhadap materi secara maksimal, sehingga didapatkan data Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) yang akurat sehingga dalam penyusunan laporan pelaksanaan anggaran di satuan tidak timbul kesalahan.” Kata Irdam.

Baca Juga:  Bersinergi dengan BP3K dan PPL, Babinsa Koramil 05 tanam jagung 20 Ha

Sementara itu Kolonel Cku Amad Sugiono, S.E, selaku ketua tim dari Mabesad menyampaikan  sosialisasi ini sebagai upaya mensingkronkan penyusunan rencana kebutuhan tahunan untuk mewujudkan perpaduan yang harmonis melalui mekanisme botton-up dan bottom down. Dengan mekanisme yang terintegrasi diharapkan dapat menghasilkan usulan rencana kerja dan anggaran yang akurat sehingga dapat menghindari adannya pengajuan susulan dan perubahan sasaran serta senantiasa dapat terjaga konsistensi dan kontinuitas implementasi pelaksanaannya.

Hadir dalam kegiatan pembukaan sosialisasi Aspers Kasdam IM, Aslog Kasdam IM, Asrendam IM, Kabekangdam IM, Kapaldam IM, Katopdam IM, Kakumdam IM, Kajasdam IM, Ka Infolahtadam IM, dan Kakudam IM.

Tags: