logo
logo
Selamat Datang di Website Resmi Kodam Iskandar Muda

AJENDAM IM SOSIALISASIKAN ADMINISTRASI PERSONEL DAN PEMBUATAN KPI KELILING

Ajendam Iskandar Muda sebagai badan pelaksana Kodam Iskandar Muda mempunyai tugas pokok menyelenggarakan kegiatan pembinaan administrasi personel, administrasi umum dan kesejahteraan moril. Dalam pelaksanaan tugasnya tersebut Ajendam IM harus didukung oleh seluruh personel, karena mustahil Ajendam bisa berhasil melaksanakan tugasnya tanpa adanya dukungan personel yang menjadi tangungjawabnya. Oleh karena itu, Ajendam Iskandar Muda merasa perlu untuk melaksanakan sosialisasi administrasi personel ke semua satuan jajaran Kodam IM, dengan maksud untuk memberikan gambaran betapa petingnya administrasi bagi setiap personel, dengan tujuan agar setiap personel memiliki kesadaran untuk menyimpan dan memelihara produk administrasi yang mereka miliki.

Untuk merealisasikan maksud tersebut, Ajendam IM membentuk tim mobile untuk diterjunkan ke satuan-satuan jajaran Kodam IM secara bertahap. Tim mobile ini bertugas menjelaskan tentang pentingnya administrasi personel bagi prajurit dan PNS, sekaligus menyerahkan produk administrasi personel secara langsung kepada personel di satuan yang dikunjungi, seperti Piagam Tanda Kehormatan Negara, Kartu Tanda Prajurit dan produk administrasi lainnya. Dalam kegiatan tersebut, tim mobile juga melaksanaan pelayanan langsung berupa pembuatan Kartu Penunjukan Istri (KPI) di tempat.

Mengawali tugasnya, tim mobile melaksanakan sosialisasi administrasi personel di Yonif 116/Garda Samudera. Kegiatan diikuti 124 orang personel dan ibu persit perwakilan dari tiap-tiap kompi yang ada di batalyon tersebut. Adapun materi yang disampaikan antara lain; administrasi penyediaan prajurit,  pengangkatan prajurit, binkar, tanda kehormatan negara, KPI, tambah gelar dan pemisahan/pensiun. Kegiatan mendapat perhatian yang serius dari para peserta, terbukti mereka banyak yang memberikan tanggapan dan pertanyaan, diantaranya; apa sih kegunaan daripada KPI dan apa jaminan dari pemegang KPI tersebut. Dengan gamblang, tim menjelaskan bahwa KPI adalah tanda bukti administrasi yang diberikan kepada seorang istri prajurit yang menikah secara sah menurut peraturan yang berlaku dan ditunjuk sebagai istri yang berhak menerima rawatan purna dinas prajurit yang bersangkutan. Kegunaan KPI bukan saja pada saat prajurit yang bersangkutan masih aktif, tapi justru pada saat purna dinas KPI itu sangat penting. Karena dengan KPI tersebut, maka seorang istri prajurit pemegang KPI menjadi ahli waris yang sah yang berhak untuk menerima rawatan purna dinas.

Baca Juga:  Dandim 0102/Pidie Irup Hari Kebangkitan Nasional

Setelah dari Yonif 116/GS, kegiatan dilanjutkan ke Yonif 115/Macan Louser yang diikuti sebanyak 151 personel dan Persit dari perwakilan tiap-tiap kompi. Seperti halnya di Yonif 116/GS, maka di Yonif 115/ML ini juga peserta sosialisasi cukup antusias mengikuti sosialisasi. Dari kegiatan di dua tempat tersebut, tim berhasil menyelesaikan pembuatan KPI di tempat sebanyak 188 KPI, masing-masing sebanyak 97 KPI di Yonif 116/GS dan 91 KPI di Yonif 115/ML. Kegiatan akan terus berlanjut sampai dengan semua satuan dapat terlayani, dengan motto: “Ajendam IM memberikan pelayanan terbaik tanpa imbalan”.

 

kpimobile

Penyerahan blanko KTP TNI

 

kpimobile2

Proses pembuatan KPI Elektronik

 

kpimobile3

Kegiatan sosialisasi administrasi personel

 

surat-publikasi-kegiatan-kpi-keliling