logo
logo
Selamat Datang di Website Resmi Kodam Iskandar Muda

Ajendam IM Selenggarakan Penataran Gengkal

Setiap satuan, khususnya Satuan Tempur (Satpur) dan Satuan Bantuan Tepur (Satbanpur) memiliki personel sebagai petugas genderang sangkakala (Gengkal). Keberadaan mereka di satuan adalah dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan layanan Gengkal satuan tersebut. Kemampuan petugas Gengkal di Satpur dan Satbanpur jajaran Kodam Iskandar Muda harus tetap terpelihara, sehingga perlu adanya latihan terus-menerus dan regenerasi.

Pembinaan kemampuan Gengkal yang berada di Satpur dan Sapbanpur jajaran Kodam Iskandar Muda merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab Ajedam Iskandar Muda. Oleh karena itu dalam rangka memelihara dan meningkatkan kemampuan Gengkal serta regenerasi petugas Gengkal, maka Ajendam Iskandar Muda merasa perlu untuk menyelenggarakan penataran Gengkal khususnya bagi Satpur dan Satbanpur jajaran Kodam Iskandar Muda.

Kegiatan penataran Gengkal yang diselenggarakan oleh Ajendam Iskandar Muda ini dibuka pada tanggal 21 November 2016 oleh Waka Ajendam Iskandar Muda Letkol Caj Drs. Nana Priyatna. Kegiatan yang akan berlangsung selama dua minggu di Ajendam Iskandar Muda tersebut diikuti oleh 52 peserta perwakilan dari Satpur dan Satbanpur jajaran Kodam Iskandar Muda. Dalam kata sambutannya Kepala Ajendam Iskandar Muda Letkol Caj Zainul Arifin, S.E. pada acara pembukaan penataran yang dibacakan oleh Waka Ajendam Iskandar Muda mengatakan bahwa penataran ini bertujuan untuk membekali dan meningkatkan kemampuan personel Gengkal agar memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai tuntutan tugas yang menjadi tanggungjawabnya, sehingga dapat melaksanakan sebagai petugas Gengkal dengan baik dan tercapainya tugas pokok secara optimal karena didukung oleh Gengkal yang handal. Disamping itu, dengan adanya penataran Gengkal ini, akan terwujud adanya regenerasi petugas Gengkal, dimana petugas Gengkal yang ada saat ini umumnya sudah senior dan sudah saatnya mereka mempersiapkan diri untuk mengikuti Diktukba. Maka para Tamtama muda ini setelah mengikuti penataran Gengkal siap menggantikan para seniornya, dan keberadaan Gengkal di Satuan tersebut tetap eksis.

Baca Juga:  Muspika Kuta Panjang Adakan Pertemuan Terkait Pelaksanaan PSU

Selama kegiatan penataran, para peserta akan menerima pelajaran yang disampaikan oleh instruktur/penatar yang profesional dalam bidang musik militer dari Satuan Musik Militer Type “B” Ajendam Iskandar Muda. Adapun materi yang diajarkan antara lain; teori dasar musik militer, sejarah musik militer, teknik perawatan alat musik, gerakan menggunakan alat musik, latihan kelompok alat musik, macam-macam kegiatan pelayanan musik militer dan praktek/aplikasi penggunaan Gengkal.

Lebih lanjut Kaajendam Iskandar Muda mengatakan, bahwa selesai penataran ini para peserta harus bisa mengaplikasikan kemampuan Gengkal di satuannya masing-masing. Sehingga pada saatnya satuan membutuhkan gengkal, maka satuan tersebut dapat melayani sendiri tanpa harus minta bantuan satuan lain atau Ajendam Iskandar Muda.

dsc_0454

Pembukaan Penataran genderang sangkakala (Gengkal), Senin (21/11/16).

dsc_0469

Wakaajendam IM, Letkol Caj Nana Priyatna memberikan sambutan

dsc_0557

Suasana belajar mengajar