logo
logo
Selamat Datang di Website Resmi Kodam Iskandar Muda

Pangdam IM minta veteran harus jadi motivator dalam masyarakat

whatsapp-image-2016-12-06-at-2-30-02-pm-1

BANDA ACEH – Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Tatang Sulaiman menyampaikan, Pilihlah calon-calon pemimpin yang memiliki visi dan misi untuk membangun infrasruktur dan kesejahteraan masyarakat dengan berpedoman pada empat pilar kebangsaan pada saat menghadiri kegiatan konsolidasi  organisasi Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Provinsi Aceh di gedung BTU, Makodam Iskandar Muda, Selasa (6/12)

Empat pilar kebangsaan yang dimaksud yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, Sebagai mana kita ketahui Legiun Veteran Republik Indonesia adalah organisasi yang merupakan satu-satunya wadah dan sarana perjuangan segenap Veteran RI, yang dibentuk berdasarkan persamaan kehendak, bidang kegiatan, profesi dan fungsinya untuk berperan serta dalam Pewarisan Nilai Juang 1945, Pembangunan Nasioal dan Pertahanan dan Keamanan Nasional sesuai undang-undang RI nomor 15 tahun 2012.

Menyikapi dinamika politik di-Provinsi Aceh pada Pemilukada yang dilakukan secara serentak, Pangdam berharap keluarga besar TNI akan mampu mengambil sikap yang tepat dan mengedepankan kepentingan Bangsa dan Negara di atas segalanya

Para veteran harus mampu bertindak sebagai filter untuk mencegah meluasnya isu-isu menyesatkan yang berkembang dalam masyarakat. Artinya, segenap elemen masyarakat diharapkan dapat menetralisir dengan cepat apabila ada isu-isu provokatif yang meresahkan warga masyarakat.

Mayjen TNI Tatang Sulaiman mengajak para veteran untuk berperan sebagai motivator dalam kehidupan masyarakat dengan menyampaikan pesan-pesan yang menyejukkan atau ajakan-ajakan yang bersifat persuasif dengan menyisipkan beberapa pesan moral, nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air kepada masyarakat di lingkungannya.

Kehadiran para veteran pada pertemuan ini memberi keyakinan kepada saya bahwa kerjasama dan kemitraan diantara kita masih terjaga dengan baik, selaku Pangdam Iskandar Muda dan pribadi, saya  mengucapkan terima kasih yang tulus kepada segenap veteran yang telah memberikan sumbangsih nyata baik langsung maupun tidak langsung kepada Kodam Iskandar Muda dalam merealisasikan tugas-tugas di wilayah termasuk dalam mewujudkan dan menjaga perdamaian di Provinsi Aceh.

Baca Juga:  Rumah Mantan Walikota Lhokseumawe terbakar, TNI dan Polri Bantu Padamkan Api

Untuk menghormati dan menghargai jasa para Veteran, bapak presiden atas persetujuan DPR RI telah menimbang bahwa setiap warga negara Indonesia mempunyai hak dan kewajiban membela, mempertahankan kemerdekaan, dan kedaulatan negara kesatuan republik indonesia, ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial, serta atas jasa dan pengorbanan warga negara indonesia yang telah berjuang, membela, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Negara telah memberikan penghargaan dan penghormatan berupa tanda kehormatan kepada Veteran Republik Indonesia. Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya. Imbuh Pangdam.

Hadir dari Dewan Pimpinan Pusat LVRI Brigjen (Pur) H. Idrus, S.I.P., Kolonel (Pur) A. Azis M., Ketua DPD LVRI Provinsi Aceh Kolonel (Pur) H. Ahmad Amin, Para Asisten, Kabalak, Dansat dan sertuas peserta perwakilan dari tiap-tiap Kabupaten / Kota se-Provinsi Aceh.