logo
logo
Selamat Datang di Website Resmi Kodam Iskandar Muda

TANGGAPAN DANDIM 0116/NARA TERKAIT PELANTIKAN KEUCHIK LUNGMANE

Nagan Raya, Menanggapi berita tentang dilantiknya anggota TNI sebagai pelaksana sementara geuchik gampong pulo, Dandim 0116/Nara Letkol Kav Moch. Wahyudi, S.I.P., M.Tr (Han) menyatakan bahwa pengangkatan tersebut sudah dibatalkan, hal ini sudah dikoordinasikan baik dengan Bupati Nagan Raya maupun Kabag Pemerintahan Kab. Nagan Raya.

Menurut Dandim memang Bupati Nagan Raya pernah mengajukan permohonan surat bantuan personel Babinsa untuk diangkat sebagai pejabat sementara geuchik, atas dasar surat tersebut kami sedang mengajukan permohonan ijin kepada Pangdam IM dan hal tersebut masih dalam proses.

Lebih lanjut Dandim menjelaskan bahwa Prajurit TNI Aktif yang akan mengikuti Pilkades tidak harus mengajukan pengunguran diri dari dinas keprajuritan atau pensiun dini terlebih dahulu, namun proses pengajuan pensiun dini dilakukan setelah ditetapkan sebagai kepala desa. Dan sebelum pelaksanaannya harus mendapatkan izin dari Pimpinan, Proses mendapatkan ijin inilah yang masih dalam proses, sehingga kami sampaikan bahwa pengangkatan anggota kami harus dan sudah dibatalkan demi hukum.

Proses pembatalan pengangkatan geuchik tersebut sudah saya sosialisasikan baik kepada masyarakat dusun Lueng Mane maupun masyarakat Gampong Pulo. Dan sebelumnya saya sudah mendapatkan konfirmasi baik oleh Bapak Bupati maupun Kabag Pemerintahan Kab. Nagan Raya dan mayarakat pun sudah mengetahui akan pembatalan tersebut, sehingga saat ini administrasi pemerintahan di Gampong Pulo maupun Dusun Lueng Mane sudah berjalan seperti semula.

Baca Juga:  Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Berlangsung di Lapangan Neseu