Lagi-Lagi Babinsa Kodim 0104/Atim Masuk Sekolah

Oleh
IMG-20170104-WA0030

LANGSA, Lagi – lagi Babinsa Ramil 19/Sungai Raya masuk sekolah. Namun kali ini tujuannya bukanlah untuk mengikuti mata pelajaran  yang diajarkan oleh para Guru Sekolah. Adalah Sersan Mayor (Serma) Tarigan, ia datang secara blusukan ke sekolah justru untuk mengajarkan lagu-lagu kebangsaan Indonesia kepada murid-murid SDN 1, SMPN 1, bahkan SMAN 1 Sungai Raya yang terletak di kabupaten Aceh Timur, Rabu (4/1/17).

Aceh Timur yang dikenal sangat kental akan Bahasa daerahnya (Bahasa Aceh) menyimpan segudang cerita, salah satunya adalah tutur bahasa. Apalagi jika kita menelusuri desa-desa terpencil yang berada di daerah pedalaman Aceh Timur. Tak dipungkiri, masih banyak masyarakat disana yang sama sekali tidak bisa berbahasa Indonesia. Hal ini membuat Serma Tarigan berinisiatif melatihkan lagu-lagu kebangsaan Indonesia agar para generasi muda yang berdomisili disekitar kawasan ini dapat lebih mencintai tanah air Indonesia.

Sebagai ajang Komunikasi Sosial (Komsos), bintara pembina desa ini melatihkan lagu-lagu kebangsaan seperti Lagu Indonesia Raya, Bagimu Negeri, Tanah Airku, Dari Sabang Sampai Merauke, Bendera Merah-Putih, dan sebagainya. Secara berulang-ulang, serma Tarigan melatihkan kepada para siswa hingga hafal dan menyanyikan lagu-lagu tersebut dengan serentak.

Anggota dari Kapten Inf Wagimin ini menjelaskan bahwa Lagu kebangsaan adalah suatu lagu yang diakui menjadi suatu lagu resmi dan menjadi simbol suatu negara atau daerah. Lagu kebangsaan dapat membentuk identitas nasional suatu negara dan dapat digunakan sebagai ekspresi dalam menunjukkan nasionalisme dan patriotisme. Diharapkan dengan dilatihkannya lagu – lagu ini, menumbuhkan kecintaan mereka terhadap tanah air sehingga suatu saat kelak mereka dapat memberikan sumbangsihnya untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia, imbuh Tarigan.

Komentar

Loading...