Pangdam dan Ibu Dipesejuk, Jadi Warga Kehormatan Gayo

Oleh
WhatsApp Image 2017-01-12 at 16.22.37

TAKENGON – Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjend TNI Tatang Sulaiman bersama Istri Ny. Dewi Tatang Sulaiman di pesejuk dan disematkan kain selendang Upuh Ulen-ulen (kain kas bermotif kearawang Gayo) oleh Tokoh adat Gayo di Pendopo Bupati Takengon Aceh Tengah. Kamis (12/1/17).

Kini secara adat, Pangdam beserta Istri sekarang sudah menjadi warga kehormatan suku Gayo dan bagian dari masyarakat Gayo.

Menurut warga setempat, kain Upuh ulen-ulen Gayo yaitu, selembar kain busana adat suku Gayo berwarna hitam bermotif karawang Gayo, pada zaman dahulu tidak sembarangan dapat mengenakan karawang Gayo “Upuh Ulen-ulen”, dulu hanyalah Raja, Imam dan Petua serta rakyat genap mupakat yang bisa menggunakan kain adat tersebut.

Sebelumnya, Pangdam beserta Istri juga disambut dengan tari Goel. Menurut warga Takengon, tari goel merupakan sebagai bentuk penghargaan terhadap tamu kehormatan, dimana tradisi ini terus dipertahankan dan dilestarikan hingga saat ini.

Kunjungan Pangdam tersebut, usai membuka apel Komandan Satuan (Dansat) di Batalyon Infanteri 114/Satria Musara, Rembele , Bener Meriah pagi tadi.

Komentar

Loading...