Pangdam IM Tinjau TPS untuk Pastikan Keamanan

BANDA ACEH – Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Tatang Sulaiman mengunjungi 5 tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Banda Aceh. Kunjungan ini untuk mengecek keamanan jalannya pemungutan suara.

” Ada 5 TPS yang kita kunjungi. Pangdam dan Kasdam Iskandar Muda Brigjen TNI Daniel Cardin juga Wakapolda Aceh Brigjen Pol, Bambang Soetjahyo bersama-sama mengecek keamanan tersebut,” ujar Kepala Penerangan Kodam Iskandar Muda, Letkol Kav Rusdi di TPS Barata Kp. Baru, Banda Aceh, Rabu (15/2/2017).

Selain itu, ikut dalam peninjauan tersebut, Ketua Kejaksaan Tinggi Aceh, Raja Nafrizal, S.H. Jaksa Utama Madya, Kabinda Aceh Brigjen TNI Ruruh, Kepala Korp Polairud Brigjen Pol. M. Chairul Nur Alamsyah,Sekda dan Ketua KIP Ridwan Hamid serta pejabat tinggi Kodam Iskandar Muda.

Kapendam mengatakan, Lima TPS yang dikunjungi yakni TPS Barata Kp. Baru, TPS 01-03 Blang Oi, Kec. Meuraxa, TPS SMP 9 Peunayong, Kec. Kuta Alam, TPS SMA 5 Kopelma Darussalam, dan TPS Ds. Rukoh, Kec. Syiah Kuala, Semua TPS tersebut bertempat di wilayah Banda Aceh.  Terlihat pelaksanaan berjalan lancar,tenang ,penuh keceriaan dan antusias dari masyarakat,termasuk petugas penyelenggara.

Sebelumnya, Pangdam Iskandar Muda telah mengerahkan sedikitnya 7.327 personel TNI untuk mengamankan proses penyelenggaraan Pilkada Aceh 2017. Jumlah tersebut dibagi menjadi pasukan BKO ke Polda 1.845 personil, Pasukan dibawah kendali Panglima Kodam IM 1.645 personil, Pasukan Cadangan 1.500 personil dan Pasukan satkowil 2.337 personil.

“Total keseluruhan personel TNI Kodam IM yang kita terjunkan yaitu 7.327 personil,” kata Pangdam.

Jumlah kekuatan personel yang dipesiapkan untuk membantu pengamanan proses berlangsungnya Pilkada hari ini juga diperkuat dengan dua Helikopter jenis MI 17 dan Bell 412, ditambah dengan 12 Unit Anoa yang dispersiakan untuk situasi kontijensi.

“Ini adalah wujud komitmen TNI untuk membantu secara penuh dalam pengamanan Pilkada Aceh 2017,” tutur Pangdam beberapa waktu lalu.