HUT Persit Ke 71, Adakan Pemeriksaan PAP’S SMEAR dan IVA

BANDA ACEH- Bertempat di RS. Tingkat II Kesehatan Daerah Militer Iskandar Muda, Sebanyak 169 orang anggota Persit Kartika Chandra Kirana dari jajaran Kodam Iskandar Muda hadir dalam pemeriksaan PAP’S SMEAR dan (Inpeksi Visual dengan Asam Asetat) IVA. Selasa (7/3/17).

Pemeriksaan PAP’S SMEAR dan IVA tersebut dalam rangka memperingati HUT ke- 71 Persit Kartika Chandra Kirana tahun 2017.

Ketua persit Kartika Chandra Kirana PD Iskandar Muda Ny. Dewi Tatang Sulaiman yang di wakili oleh Wakil Ketua Persit PD Iskandar Muda Ny. Intan Achmad Daniel Chardien mengatakan, pemeriksaan PAP’S SMEAR dan IVA adalah bentuk kepedulian tentang kesehatan pada diri kita masing-masing khususnya anggota persit Kodam Iskandar Muda , yang bertujuan untuk mendeteksi dini dan menekan serta menurunkan jumlah penderitaan kanker servik.

Lanjutnya, para wanita tidak hanya tergerak secara mandiri dan sukarela melakukan deteksi dini, tapi juga menjadikan dekteksi dini menjadi kebutuhan sehingga dapat mengambil langkah tepat untuk menindaklanjuti hasil pemeriksaan.

Untuk itu, Ny Intan berharap, dengan kegiatan pencegahan dan pengendalian melalui metode PAP SMEAR dan IVA dapat mencegah penyakit kanker. Deteksi dini penyakit kanker dapat terus dilaksanakan secara berkesinambungan, sehingga dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker serviks serta dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama Anggota Persit, “katanya.

Sementara, dalam Pemeriksaan PAP’S SMEAR dan IVA ini, ditangani langsung oleh’ Dr. Lili Kuswani Sp.OG, yang kesehariannya berdinas di Rumkit TK II Kesdam IM.

Dr. Lili Kuswani Sp.OG menjelaskan tentang PAP’S SMEAR dan IVA. Untuk PAP’S SMEAR adalah suatu metode pemeriksaan sel – sel yang diambil dari servik dan kemudian pemeriksaannya menggunakan mikroskop. Perubahan sel – sel servik yang terdeteksi secara dini akan memungkinkan beberapa tindakan pengobatan diambil sebelum sel-sel tersebut dapat berkembang menjadi sel kanker.

SedangkanIVA adalah pemeriksaan servik dengan melihat langsung servik setelah memulas servik dengan larutan asam asetat 3 – 5 %. Bila setelah pulasan asam asetat 3 – 5 % ada perubahan warna, yaitu tampak bercak putih, maka kemungkinan ada kelainan tahap pra kanker,” terangnya.

Turut hadir dalam pemeriksaan PAP’S SMEAR dan IVA antara lain, Kepala Kesehatan Kodam Iskandar Muda, Kolonel Ckm dr. Tjatur Winarsanto, Sp.Pd, Kepala Rumah Sakit Tk II Kesdam IM, Kolonel Chk Khairulsyah serta para pengurus persit Kartika Chandra Kirana PD Iskandar Muda.