Uji Fungsi Mu Kal 155 Mm Kh 179,Pada Latbak Armed

Aceh Tenggara- Penembakan Uji fungsi Meriam jenis mu kal 155 MM KH 179 di lakukan oleh Prajurit Batalyon Artileri Medan 17/Komposit saat mengikuti  latihan menembak senjata berat ( Latbakjatrat) di daerah latihan di desa Kertimbang Kecamatan Lawe Sigala-gala Kabupaten Aceh Tenggara. Rabu (8/3/17).

Uji fungsi mu kal 155 MM KH 179 tersebut dilihat langsung ketua tim  Inspektorat Peralatan Angkatan Darat (Irpalad) Kolonel  Cpl M.Apandi beserta rombongan dan Kepala Peralatan Kodam Iskandar Muda  Kolonel Cpl Arif Hendro Djatmiko.

Komandan Batalyon Artileri Medan 17/Komposit, Mayor Arm Arief Darmawan, menjelaskan bahwa kegiatan itu dimaksudkan untuk menguji coba dan uji fungsi alutsista baru yang dimiliki oleh Artileri Medan TNI AD.

Danyon mengatakan, dalam latihan menembak tersebut ada beberapa jenis munisi uji fungsi yang ditembakkan antara lain, jenis  KH 179 tipe HE sebanyak  15 butir, KH 179 tipe ERFB sebanyak  15 butir,  M107 HE  5 butir, ERO2A1 HE BB 6 butir serta  jenis M1110A2 WP sebanyak 5 butir.

Sementara itu , dalam latihan ini ada dua lokasi stealing Armed yang digunakan dengan jarak yang berbeda yaitu, steling dengan jarak 18 KM terletak di desa Ketimbang Kecamatan Lawe si Gala-gala Aceh Tenggara, sedangkan  untuk stealing dengan jarak 25 KM terletak didesa Pinggang Blang Keecamatan Babul Rahman dengan sasaran yang sudah di tentukan, “ terang Danyon.

Ia juga menyebutkan, untuk sasaran penembakan yaitu di lahan milik Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) di Karvak Co.97367-60085 pada ketinggian 840 MDPL di Kecamatan  Mardinding Tanah karo Sumatera Utara.