Kodim 0104/Atim Sepakati Perjanjian dengan POPTI dan RSUD Kota Langsa

Langsa – Kodim 0104/Aceh Timur sepakati perjanjian dengan Perhimpunan Orang Tua Penderita Thalassaemia Indonesia (POPTI) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Langsa untuk membantu penyediaan darah bagi penderita Thalassaemia yang berada di wilayah kerjanya. Kegiatan pagi itu diselenggarakan di Aula Garasi Makodim Langsa, Senin (20/3/17).

Acara yang diikuti oleh sekitar 300-an orang tersebut dihadiri oleh Komandan Kodim 0104/Atim Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, SE, Kasdim Mayor Inf Luthfi Hadi, SH, Pabung Atim Mayor Inf Sulistoyono, Direktur RSUD Kota Langsa yang diwakili oleh Wakil Direktur Syamsul S.St, Ft. Ketua POPTI Kota Langsa Dr. Reni Suryanti, Sp. A, seluruh Perwira Staff Kodim beserta Danramil jajaran, Perwakilan Orang Tua dan Anak Asuh Penyakit Thalasemia Kota Langsa dan Anggota Kodim 0104/Atim.

Dalam sambutannya Dr. Reni Suryanti, Sp.A menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh warga Kodim 0104/Atim atas kerjasama yang telah dituangkan dalam MoU penyediaan darah bagi penderita Thalassaemia. Ini adalah kali kedua terselenggaranya kegiatan ini setelah yang pertama berjalan dengan baik mulai tahun 2015 lalu, sebut Ketua POPTI.

Penyakit Thalassaemia adalah penyakit genetik yang belum ada obatnya hingga saat ini. Hanya dengan bantuan pendonor darah, pengidap penyakit Thalassaemia dapat bertahan hidup dan terjaga kondisi kesehatannya, papar Dr. Reni lagi.

Sementara, Dandim 0104/Atim Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, SE juga menyampaikan bahwa seluruh warga Kodim 0104/Atim merasa terpanggil untuk berpartisipasi dalam menyediakan darah secara rutin bagi penderita Thalassaemia mengingat masih minimnya persediaan darah yang dimiliki oleh Palang Merah Indonesia (PMI) maupun RSUD Kota Langsa, ujar Dandim.

Melalui Program Orang Tua Asuh bagi penderita Thalassaemia yang telah berjalan sejak tahun 2015 hingga kini dirasa masih berjalan dengan optimal, karena komposisi yang telah dijalankan adalah satu anak memiliki sepuluh orang tua asuh.

“Kami bertekad akan menjadi pendonor rutin bagi penderita thalassaemia sebagai wujud kemanunggalan TNI-RAKYAT, dan saya secara pribadi akan selalu siap menjadi pendonor darah bagi yang sedang membutuhkan,” tegas Dandim menutup sambutannya.

Acara ditandai dengan penanda-tanganan MoU kesepakatan antara Kodim 0104/Atim dengan POPTI dan RSUD Kota Langsa.