Meningkatkan Kualitas Teritorial, Kodim AbarGelar Latihan Pembekalan Pendayagunaan Koramil Model

Meulaboh – Komandan Kodim 0105/Aceh Barat Letkol Inf Hery Riana Sukma  di wakili Kepala Staf Kodim 0105/Abar Mayor Inf M. Jafar membuka kegiatan latihan pembekalan pendayagunaan Koramil Model bagi kodim wilayah korem 012/TU, bertempat di Aula terbuka  Koramil 04 Merebo  Desa Paya Peunaga, Kecamatan Mereubo Kabupaten Aceh Barat. Senin (20/03).

latihan pembekalan yang berlangsung selama 5  hari dimulai tanggal 20 sampai 25 Maret 2017 tersebut, di ikuti  sebanyak 83 Babinsa Kodim jajaran Korem 012/Teuku Umar yang terdiri dari, 15 Personil dari Kodim 0105/Abar, 2 Personil Kodim 0112/Sabang, 17 Personil Kodim 0110/Abdya, 15 Personil Kodim 0114/Ajay, 10 Personil Kodim 0116/Nara, 6 Personil Kodim 0109/Singkil, 13 Personil Kodim 0107/Asel dan 5 Personil dari Kodim 0115/ Simelue.

Kasdim mengatakan, pendayagunaan koramil model merupakan perintah dari komando Atas sekaligus sebagai sarana peningkatan kemampuan bagi personil kewilayahan dengan memberikan visualisasi pelaksanaan tugas binter secara aplikatif melalui penunjukan salah satu koramil model sebagai wahana percontohan.

Pemberdayaan koramil model di fokuskan kepada peningkatan sumber daya manusia Apkowil yang sudah bertugas sebagai Babinsa atau personil baru. Koramil model juga menyelenggarakan latihan yang bersifat pembekalan, pendahuluan dan latihan berupa penyegaran Aplikatif sehingga kopetensi Babinsa di wilayah kodim dapat senantiasa mampu mengimbangi dinamika kehidupan masyarakat di suatu wilayah, “ jelasnya.

Lanjutnya, dihadapkan dengan situasi ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi peradaban masyarakat yang saat ini semakin maju dan kritis setiap permasalahan permasalahan di masyarakat dapat berkembang baik dalam pilitik ekonomi dan tenaga kerja serta perbedaan antara suku golongan dan agama,  untuk itu Babinsa harus peka serta tajam dan antisipasi serta cepat mengambil langkah langkah untuk menghadapi perkembangan situasi di wilayah binaan masing – masing,” ucap Kasdim.

Melalui pembekalan ini, Kasdim berharap, setiap personil di masing-masing sat kowil menjadi prajurit yang profesional, memiliki kemampuan teritorial sehingga mampu melaksanakan tugas-tugas Binter sesuai tantangan kondisi sosial yang dihadapi di wilayah Kodim masing-masing, serta memiliki semangat juang tinggi dalam usaha mewujudkan kepentingan bangsa dan menjaga kedaulatan negara

Selain di hadiri para Babinsa, kegiatan tersebut turut dihadiri, Pasi Wanmil Korem 012/TU Mayor Inf T. M. Khair, Para pasi jajaran Kodim 0105/Abar, Danramil  04/Mereubo serta Para Danpos Ramil Jajaran Kodim 0105/Aceh Barat.