Wujudkan Generasi Muda yang Berwawasan Kebangsaan

Simelue – Kepala Staf Kodim 0115/Simeulue Mayor Inf Irwan, S. Pd memberikan Sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan Bagi Pelajar tingkat SLTA Sederajat di SLTA Negeri 1 Simteng Desa Kampung Aie Kecamatan Simteng Kabupaten Simeulue. Senin (27 / 3 / 2017).

Sosialisasi tersebut diikuti oleh 100 orang yang terdiri dari Kasat Binmas Polres Simeulue Iptu Aritonang, Ka Kesbangpol Simeulue Sahirman M. Si, Kepala sekolah SLTA Aslan S.pd, Para guru SLTA dan Peserta sosialisasi.

Tujuan dilaksanakan Sosialisasi tersebut, untuk mewujudkan generasi muda yang berwawasan kebangsaan dan untuk mewujudkan generasi muda yang cinta tanah air dan Berbineka Tunggal Ika yang dapat mempererat persatauan dan kesatuan.

Pada kesempatan itu, Kepala Staf Kodim 0115/Simeulue menyampaikan bahwa Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum, artinya, Pancasila sebagai idiologi negara merupakan dasar dan arah kebijakan politik. Selain itu, Pancasila sebagai karakter bangsa, yaitu merupakan dasar dan tujuan strategi kebudayaan serta pancasila sebagai pandangan hidup dasar dan pedoman sikap serta perilaku.

“Setiap negara pasti memiliki strategi tersendiri untuk membangkitkan patriotisme dan nasionalisme di kalangan generasi mudanya, ada yang bersifat preventif misalnya melalui pendidikan sosialisasi tentang pentingya patriotisme,” ucapnya.

Kasdim mengharapkan untuk para guru terus menekan materi tentang Wawasan Kebangsaan, sehingga para siswa pun bisa menerapkan nilai-nilai Pancasila beserta ideologinya.

Disela sela Sosialisasi tersebut dilanjutkan acara tanya jawab dan  sosilaisasi pemberian materi kepada pelajar peserta sosialisasi dengan Materi ” Bhineka tungal ika sebagai semboyan dan pemersatu bangsa indonesia, Pendidikan bela negara sebagai pemersatu bangsa sebagai bentuk cinta tanah Air indonesia, Pemahaman butir butir UUD 1945 sebagai wujud kesadaran berbangsa dan bernegara, Kedudukan pancasila sebagai ideologi dasar negara.