Pembukaan TMMD ke 98 di Aceh Tenggara

Kutacane – Bupati Aceh Tenggara yang diwakili oleh Sekda Selaku Insfektur membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke – 98 di wilayah Kodim 0108/AGARA di Lapangan Komplek PT. Gala Fila Mandiri (GFM) Desa Kandang Mbelang Kec. Lawe Bulan Kab. Aceh tenggara, Rabu (5/4/17).

TMMD Reguler ke-98 Tahun 2017 mengangkat tema ”Dengan Semangat Kemanunggalan TNI dan Rakyat Kita Percepat Pembangunan di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Rangka menjaga Keutuhan NKRI”.

Sekda Kab, agara Drs. Gani Suhud, M.AP menyampaikan, bahwa Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah suatu program dan kegiatan TNI bersama instansi-instansi Pemerintah serta masyarakat.

“Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan semangat Kebangsaan, Kesadaran Bela Negara dan Disiplin Nasional,” katanya.

“Jadi keberhasilan TNI Manunggal Membangun Desa sangat ditentukan oleh partisipasi aktif seluruh komponen Bangsa dan lapisan ,Masyarakat Indonesia, yang mana pelaksanaan TMMD di Kec. Lawe Bulan mempunyai tujuan membantu Pemerintah dalam mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Wilayah Desa. Lawe Kinga Kec. Bulan Kab. Aceh tenggara,” tutupnya.

Ada sasaran fisik dari program TMMD di Kabupaten Aceh Tenggara ini, mulai dari pembukaan dan Pengerasan Jalan sepanjang 2.500 Meter dengan Lebar 6 Meter, Pemasangan Gorong-gorong Pipa Beton Bertulang Diameter 80 Cm sebanyak 5 titik, Pemasangan Gorong-gorong Pipa Beton Bertulang Diameter 60 Cm sebanyak 2 titik dan Pembangunan Box Sleep ukuran 6 m x 2,5 m sebanyak 1 titik.

Sedangkan untuk Sasaran non fisik  Pengobatan massal dan Keluarga Berencana Kesehatan, Penyuluhan kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Penyuluhan kesadaran Bela Negara dan Cinta Tanah Air di Desa Kuta Tengah Kecamatan Lawe Sigala,. Penyuluhan Wawasan Kebangsaan di Ds. Buah Pala Kec. Lawe Sumur, Penyuluhan Kesehatan, Penyuluhan Komponen Cadangan dan Komponen Pendukung, Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Peternakan, Penyuluhan Hukum, Kamtibmas dan Narkoba, Ceramah Agama di Masjid Nurussalam, sosialisasi penerimaan Prajurit TNI.

Turut hadir dalam pembukaan TMMD ke 98, Komandan Korem 011/LW Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, S.I.P, M.Si  Dandim 0108/Agara, Forkopimda Aceh Tenggara, Para Asisten dan Para kepala Dinas Kabupaten Aceh Tenggara, Para Prjurit TNI AD,AL,AU dan Polisi Serta Masyarakat.