Mahasiswa Poltas dan Satgas TMMD bekali Masyarakat Keterampilan Pengelasan

Aceh Selatan – Sejumlah 10 orang mahasiswa politeknik Aceh Selatan (Poltas) jurusan teknik mesin  menggelar Training Pengelasan untuk masyarakat Desa Air Sialang Tengah dalam rangka mendukung kegiatan TMMD ke – 98 Kodim 0107/Aceh Selatan, Sabtu ( 08/04/2017).

Dalam hal ini, poltas bekerja sama dengan Kodim 0107/Aceh Selatan dalam rangka mendukung kegiatan non fisik TMMD ke 98 tahun 2017 dengan tujuan untuk melatih masyarakat yang ada di desa air sialang tengah dapat mandiri melakukan keterampilan teknik pengelasan sehingga dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat dan meningkatkan perekonomian rakyat.

Materi pelatihan yang di bekali oleh tim poltas jurusan teknik mesin meliputi cara pengukuran , pemotongan sampai pengelasan besi.

Dosen teknik mesin dan penanggung jawab training dari poltas Ikhsan, ST.MT mengatakan ketebalan besi harus disesuaikan dengan arus travo jika melakukan pengelasan, karenaapabila arus travo terlalu besar, besi bisa bolong dan jika arus terlalu rendah maka kekuatan penyambungan tidak efektif, bisa lepas.

” harapan kami setelah training ini selesai, masyarakat bisa mengembangkan keterampilan ini, minimal satu orang warga menguasai untuk nantinya akan menjadi aset di desa. Apalagi disini daerah persawahan, banyak peralatan pertanian yg menggunakan besi seperti cangkul, mesin traktor dan sebagainya,” jelasnya.