Satgas TMMD Bersama Poltas Sosialisasi Pembuatan Keripik

ACEH SELATAN – Dalam rangka mendukung program TMMD ke 98 Kodim 0107/Aceh Selatan, Politeknik aceh selatan (poltas) menggelar pelatihan pembuatan keripik buah menggunakan tehnologi mesin Vaccum Fryer kepada masyarakat Air Sialang Tengah, Kecamatan Samadua, Rabu (12/04/2017).

Kegiatan tersebut merupakan terobosan yang dilakukan mahasiswa poltas jurusan industri untuk menunjang ketrampilan masyarakat dalam menciptakan lapangan kerja bagi usaha rumah tangga di wilayah Aceh Selatan.

Dosen Poltas jurusan Teknik Industri Safrida,S.ST. MT menyampaikan bahwa dengan kegiatan ini masyarakat jadi tahu teknik pembuatan keripik dengan menggunakan mesin vaccum fryer yang merupakan salah satu alat modern juga memiliki manfaat efisiensi waktu kerja.

“menggunakan alat ini bisa menghemat waktu dan dapat bekerja dengan mengunakan minimal 2 orang saja sudah cukup,” ungkapnya kepada penerangan kodim 0107/asel

Cara kerja mesin tersebut menggunakan uap, buah yang susah dikupas dapat dimasukkan ke dalam tabung penggoreng untuk diuapin, proses kerjanya maksimal 60 menit sesuai dengan kadar air yang terkandung dalam buah tersebut.

Tambahnya, buah yang digunakan untuk dijadikan keripik khusus untuk yg berkadar air tinggi seperti, nenas, nangka, salak, apel, mangga dan lain-lain.