Batalyon Infanteri Raider 112/DJ Laksanakan Samapta Periodik

JAPAKEH-ACJAPAKEH-ACEH BESAR. Dalam rangka membina dan meningkatkan kemampuan Prajurit di jajaran TNI AD, Batalyon Infanteri Raider 112/Dharma Jaya menyelenggarakan Samapta Periodik I TA. 2017 yang dilaksanakan di Mako Yonif Raider 112/Dharma Jaya. Jumat(21/4/2017).
Pelaksanaan semapta periodik di ikuti oleh seluruh prajurit dan dilaksanakan selama dua hari, yakni Jum’at dan Sabtu.
Dalam pelaksanaan kesamaptaan terlebih dahulu diawali dengan pengecekan tensi oleh tim kesehatan dari Tonkes Batalyon bagi setiap prajurit yang akan melaksanakan kesamaptaan dan dilanjutkan dengan pemanasan yang juga dipimpin oleh Tim Jasmani Militer dari Satuan. Kegiatan ini bertujuan agar dalam pelaksanaan kesamaptaan tersebut tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kram dan sebagainya.
Uji kesamaptaan tersebut meliputi test kesegaran A yaitu melaksanakan lari dengan jarak 3200 meter, dan dilanjutkan dengan test kesegaran B yaitu Pull Up,Sit Up dan Shuttle Run pada pagi hari, dan dilanjut dengan renang Militer Dasar pada sore harinya. Diharapkan masing-masing anggota mendapatkan nilai yang memenuhi di atas standar sebagai nilai lulus uji samapta.


Kesemaptaan ini merupakan program di bidang oprasional kegiatan kesegaran jasmani yang harus dilaksanakan oleh setiap prajurit yang bertujuan guna untuk mengukur kemampuan jasmani perorangan juga untuk membina prajurit agar memiliki daya tahan tubuh yang prima serta memiliki kesegaran jasmani yang siap untuk melaksanakan tugas pokoknya dengan baik.
Komandan Batalyon Infanteri Raider 112/Dharma Jaya Letnan Kolonel Inf Awang Danuarto.S, Sos. menekankan kepada seluruh anggota apabila ada prajurit yang belum mencapai nilai yang sudah di tetapkan dalam artian kategori lulus, nantinya prajurit yang bersangkutan akan dibina dan diberikan pelatihan secara khusus sampai mencapai nilai yang diharapkan baik itu test kesegaran A dan test kesegaran B maupun renang Militer Dasar, tujuannya supaya anggota ada motivasi keiinginan untuk berusaha dan maju dan semuanya bisa mendapatkan nilai di atas standar.