Melalui Latnis Intel Kodim 0108/Agara Pertajam Satuan Intelijen

Kutacane – Untuk meningkatkan sinergitas dalam mempertajam di Satuan intelijen Teritorial. Kodim 0108/Agara menggelar acara kegiatan Latihan Teknis Intelijen (Latnis Intel) TA. 2017 dengan tema “Kita tingkatkan profesionalisme Prajurit Intelijen Kodim 0108/Agara dalam mendukung Tugas pokok Satuan”.

Kegiatan yang akan dilaksanakn selama 5 hari tersebut dibuka secara langsung oleh Dandim 0108/Agara Letkol Kav Joni Hariadi, S.E, M.T.opsla, bertempat di Aula Balai Prajurit Makodim 0108/Agara dihadiri 29 orang diantaranya 18 orang pelaku Prajurit yang memiliki kualifikasi Bidang  Intelijen dan 11 orang pendukung. Senin (15/5/17).

Dalam kegiatan tersebut Dandim menjelaskan, bahwa kegiatan Latnis Intelijen Kodim 0108/Agara  merupakan Program dari Komando atas yang wajib dilaksanakan.Hal ini bertujuan  untuk  meningkatkan kemampuan Intelijen bagi Prajurit yang memiliki kualifikasi Intel sesuai  dengan bidangnya.

“Mengingat semakin pentingnya Deteksi dini (Deni) dan Pencegahan dini (Ceni) terhadap suatu permasalahan sosial yang timbul, maka insan Intelejen perlu dibekali pengetahuan yang cukup,  agar tugas-tugas  satuan intelijen di lapangan dapat  bekerja dengan baik sesuai dengan harapan dari Komando atas,” kata Dandim.

Sementara itu, Pasi Intel Kodim 0108/Agara Kapten Inf U.P. Simatupang selaku Pemateri menjelaskan, bahwa tugas intelijen terdiri dari Pengamanan, Penyelidikan dan Penggalangan, namun tanpa pendidikan dan pelatihan yang baik maka tugas pokok Intelijen tersebut tidak mungkin dapat  terwujud.

“Melalui latihan ini diharapkan setiap insan intelijen, selalu waspada  dan peka terhadap perkembangan lingkungannya, terutama mampu mengaplikasikan di lapangan  tentang makna “Kemampuan Temu Cepat Lapor Cepat“ pada setiap kejadian yang  timbul dan pada  akhirnya  sekecil apapun  permasalahan dapat diketahui, dicegah dan diatasi,” harapnya.