Sosialisasi Wawasan Kebangsaan oleh Aster Kasdam kepada Apter Jajaran Kodam IM

Banda Aceh – Para Aparat Teritorial di jajaran Kodam Iskandar Muda yang terdiri dari Para Dandim, Kasiter Korem dan perwira Penghubung menerima sosialiasi tentang wawasan Kebangsaan dari Asisten Teritorial Kasdam Iskandar Muda, Kolonel Inf Mahesa Fitriadi, Kamis (18/05/2017).

Dalam sosialisasi tersebut Aster menguraikan tentang pentingnya para Aparat Teritorial untuk memahami wawasan kebangsaan yang substansinya mencakup materi empat konsensus kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan sesanti Bhineka Tunggal Ika. Hal tersebut merupakan bekal yang paling mendasar dan pengetahuan wajib bagi para aparat teritorial.

Sebagaimana di ketahui bahwa empat konsensus kebangsaan yang sebelumnya dikenal sebagai empat pilar kebangsaan, awalnya merupakan dorongan dari Majelis Permusyawaratan Rakyat di era kepemimpinan Taufik Kiemas sebagai ketua majelisnya. Ada urgensi untuk memantapkan kembali empat konsensus kebangsaan khususnya ketika gejala-gejala disintegrasi dan deviasi kebangsaan marak timbul dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia khususnya di era reformasi.

Kegiatan yang diselenggarakan di gedung Amel CC Banda Aceh tersebut di isi dengan simulasi out bond oleh prajurit Yonif Raider 112 diantaranya peragaan yel-yel, PBB, Hula Hop. Bola Tali, Permadani terbang, tongkat estafet, water estafet dan buldozer.

Simulasi yang diperagakan tersebut memiliki niai philosofis yang berbeda-beda. Namun substansinya adalah bagaimana niai-nilai kebangsaan yang berisi semangat ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi dan keadilan sosial  dapat di aktualisasikan dalam kegiatan yang nyata.

Selain itu Aster menjelaskan tentang Pengawasan dan Pengembangan tentang pemahaman dan pengamalan nilai-nilai wawasan kebangsaan perlu ditingkatkan untuk mencapai hasil yang optimal demi terselenggaranya kehidupan bernegara yang harmonis dan berkeadilan. Acara selesai sekira pukul 17.40 wib dan ditutup secara resmi oleh Aster Kasdam Iskandar Muda. Kegiatan Wasbang tersebut nantinya akan dibuat dalam skala besar di seluruh jajaran Kodim pada bulan Juli 2017.

“Ini merupakan perintah Panglima TNI kepada seluruh jajaran” Aster menambahkan.