Irdam IM Pimpin Upacara Harkitnas ke-109

Banda Aceh – Inspektorat Daerah Militer Iskandar Muda (Irdam IM) Kolonel Inf Fajar Budiman memimpin upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-109 tahun di Lapangan bola, Jasdam IM, Neuseu, Banda Aceh, Senin (22/5/17). Upacara itu diikuti Prajurit, Pegawai Negri Sipil (PNS) segarnizun Banda Aceh dan Akedemi Perawatan Kesehatan Kodam Iskandar Muda (Akper Kesdam IM).

Dalam amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Repulik Indonesia, Rudiantara yang dibacakan oleh Kolonel Inf Fajar Budiman menyampaikan, bahwa Semangat kebangkitan nasional tidak pernah memudar, namun justru semakin menunjukkan urgensinya bagi kehidupan berbangsa kita hari-hari ini. Padahal semangat itu sudah tercetus setidaknya 109 tahun yang lalu, ditandai dengan berdirinya Boedi Oetomo, namun sampai sekarang tetap sangat ampuh menyatukan dan menyemangati gerak kita sebagai bangsa.

Lanjut Irdam IM, betapa tak mudahnya para pendahulu merajut angan keindonesiaan saat itu, ketika infrastruktur transportasi dan komunikasi masih terbatas, ketika sumber daya insani yang teguh dengan pemikiran keindonesiaan masih dapat dihitung dengan jari, ketika acuan untuk memperkokoh dasar-dasar kesamaan suku bangsa dan adat masih belum mengakar kuat, ketika semuanya itu berada dalam konteks ketakutan akan kekejaman kolonialis yang siaga memberangus setiap pemikiran yang memantik hasrat lepas dari belenggu penjajahan.

Rudiantara dalam amanatnya menyatakan, bahwa Presiden Joko Widodo pada awal tahun ini telah mencanangkan penekanan khusus pada aspek pemerataan dalam semua bidang pembangunan. Bukan berarti sebelumnya kita abai terhadap aspek ini. Malah sejak awal, dalam program Nawacita yang disusun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, aspek pemerataan mendapat porsi perhatian yang sangat tinggi. Pemerataan pembangunan antarwilayah hendak diwujudkan dengan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara  kesatuan.

Pada awal tahun 2017 ini, meski angkanya membaik dibanding tahun sebelumnya, koefisien Nisbah Gini atau Gini ratio, yang merupakan ukuran kesenjangan distribusi pendapatan dan kekayaan penduduk, masih sekitar 40 persen.

“Untuk itu, Bapak Presiden meminta aparat penyelenggara negara bekerja keras menurunkan indeks kesenjangan tersebut melalui berbagai langkah yang multidimensi,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Repulik Indonesia dalam amanatnya.

Rudiantara menjelaskan, memang persoalan pemerataan hampir merupakan masalah semua bangsa. Bahkan negara-negara majupun berkutat dengan isu kesenjangan yang sama. Beberapa bahkan mencatatkan indeks yang lebih tinggi, lebih senjang, dibanding Indonesia. Namun bagi mewujudkan   pemerataan       yang      berkeadilan        sosial     adalah   juga                menjadi penghormatan terhadap cita-cita para peletak dasar bangunan kebangsaan yang menginginkan tidak ada jurang yang membatasi penyebaran kesejahteraan bagi seluruh penduduk Indonesia.

“Bagi kita, kebangkitan nasional hanya akan berarti jika tidak ada satu anak bangsa pun yang tercecer dari gerbong kebangkitan tersebut. Berlatarbelakang pemikiran tersebut, maka kiranya tema ”Pemerataan Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan sebagai Wujud Kebangkitan Nasional” yang menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2017 ini adalah pesan Yang tepat dan seyogyanya tidak hanya tertanam di dalam hati, namun juga segera diwujudkan melalui strategi, kebijakan, dan implementasi dalam pelayanan kita kepada masyarakat dan bangsa,” sambunng Irdam bacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Repulik Indonesia.

Rudiantara menyampaikan dalam amanatnya, pemerintah terus berupaya meningkatkan aspek pemerataan pembangunan di segala sektor. Di sektor kelistrikan, misalnya, pembangunan ketenagalistrikan telah dilakukan di 2.500 desa yang belum mendapat aliran listrik.

“Pada saat yang sama, kebijakan pemerataan dilakukan melalui subsidi listrik yang difokuskan kepada masyarakat menengah ke bawah, sehingga bisa dilakukan relokasi subsidi listrik tahun 2016 sebesar Rp 12 triiiun, dialihkan untuk menunjang sektor kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur,” tutup Irdam bacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Repulik Indonesia, Rudiantara.