Satuan Teritorial Ujung Tombak TNI AD

Takengon – Danramil Model-05/TG Kapten Czi Aep Mukhran Halid mewakili Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro, S.I.P membuka latihan pembekalan Binter dengan materi Sikap teritorial, Lima Puan Ter, Metode Binter, Ketatalaksanaan Binter, Bakti TNI, Bin Komsos dan Ketahanan Wilayah.

Adapun materi Praktek Latihan pembekalan Binter tersebut meliputi Pembentukan jaring Ter, Pul data Ter, PBB dan TUM dan Sistim pelaporan kepada 19 orang Prajurit Kodim baru yang bertempat di Makoramil Desa Lampahan, Kecamatan Timang, Gajah Kabupaten Bener Meriah,  Selasa (23/05/2017).

Dalam arahannya, Danramil Model-05/TG mengharapkan agar seluruh prajurit yang akan bertugas di Satkowil mampu dan memahami serta menjalankan tugas pembinaan di wilayah teritorial, memiliki langkah kesamaan, tindakan dalam menjalankan tugas, dapat berintegrasi dengan komponen masyarakat di wilayah binaannya, bisa mensosialisasikan kegiatan Binter di lapangan dalam kodisi apapun dan peka terhadap situasi dan kondisi masyarakat binaannya serta bertindak cepat guna mengantisipasi permasalahanan yang akan timbul.

Di tempat terpisah, Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro, S.I.P mengatakan, Satuan Teritorial merupakan ujung tombak TNI AD di wilayah dan senantiasa menyelenggarakan program-program untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan teritorial personil dalam rangka mendukung tugas pembinaan teritorial dan mewujudkan pemeliharaan serta meningkatkan kemampuan teritorial personil aparat Satkowil.

Pembinaan Teritorial merupakan salah satu tugas pokok dan tanggung jawab satuan teritorial yg dilakukan seorang Babinsa utk mengolah potensi Geo, Demo dan Kondisi sosial untuk kepentingan pertahanan Negara. Pembekalan Materi yang nanti diterima harus dikuasai sehingga mahir dalam melaksanakan Binter di wilayah binaannya masing-masing, serta tingkatkan kreativitas, aktifitas, inovatif dan inisiatif dalam melaks tugas yang semakin berat dan komplek, Tutur Dandim 0106/Ateng-BM.