Danrem 011: Latihan Posko Kodim 0104 Harus Dilaksanakan Dengan Serius

Langsa –  Komandan Korem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, S.I.P, M.Si  meninjau pelaksanaan Gladi Posko I  peserta latihan, bertempat di Aula Makodim 0104/Atim (29/5).

Dalam pengecekan, Danrem menyampaikan bahwa latihan merupakan hal yang paling dibutuhkan oleh setiap prajurit, prajurit akan profesional dan mumpuni jika dilaksanakan latihan secara bertahap dan bertingkat serta disesuaikan dengan tugas-tugas yang akan dihadapinya. Pada dasarnya latihan ini adalah untuk menguji sejauh mana hubungan Komandan dan Staf yang sudah dilaksanakan selama ini.

Latihan yang rencananya akan dilaksanakan selama 3 hari ini mengambil tema “Kodim Melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemda Dalam Rangka Operasi Militer Selain Perang”. Tema ini sangat sesuai dengan tugas dan fungsi Kodim sebagai satuan teritorial yang harus selalu melekat kepada Pemda untuk membantu segala persoalan yang terjadi.

Lebih lanjut dikatakan Danrem, keberhasilan dalam pelaksanaan latihan pada dasarnya ada 2 hal pokok yang harus diperhatikan, Pertama pihak pelatih harus memahami dengan benar tentang mekanisme latihan, sehingga bisa menciptakan realisme latihan seperti kejadian yang sesungguhnya.

“ Jadi pelatih harus mengerti latihan yang dilaksanakan secara bertahap dan bertingkat, termasuk masalah pengawasan dan pengendalian. Kedua peserta latihan merupakan objek penilaian dari latihan, maka peserta latihan harus benar-benar memahami apa tugas, peran dan fungsinya. Tempatkan personel sesuai dengan jabatannya dalam latihan ini, agar nantinya jika dihadapkan dengan kondisi yang sebenarnya sudah siap dan mengerti,” tegas Danrem.

Terkait dengan hal tersebut, maka Danrem minta kepada pelatih dan pelaku harus serius dalam melaksanakan latihan, “jangan asal-asalan”, tegas Danrem. Ambil manfaat dari kegiatan latihan ini dengan mengetahui apa tujuan dan sasarannya, termasuk catat apa kelemahan atau kekurangan dari latihan ini untuk perbaikan latihan berikutnya.