Prajurit Kompi MA dan Kompi BAN Yonif 113/JS Latihan Menembak Tempur Reaksi

Biureuen- Kompi Markas dan Kompi Bantuan Batalyon Infanteri 113/Jaya Sakti melaksanakan latihan menembak tempur reaksi di lapangan tembak Markas Komando  Yonif 113/JS. Selasa (30/5/17).

Latiahan yang diikuti ratusan prajurit Kompi MA dan Kompi BAN tersebut di pimpin langsung oleh Bintara Pelatih Kompi Markas yaitu Serka Sarianto.

Batih Kompi MA mengatakan, latihan ini sangat aplikatif di lapangan dalam medan penugasan sesungguhnya, yang mana kelincahan, kegesitan dan kejelian dalam melihat, membidik dan menembak sasaran secara cepat dibutuhkan.

Adapun tujuan latihan menembak tempur reaksi yaitu,  untuk memantapkan dan meningkatkan kemampuan pimpinan lapangan serta profesionalisme prajurit-prajurit Batalyon Infanteri 113/JS.

Ia juga menjelaskan, dalam latihan kali ini  materi yang diberikan yaitu tembak tempur reaksi jam jarak, dimana prajurit dituntut dapat menembak sasaran sesuai dengan penunjukan arah dan jarak sasaran yang disampaikan pelatih, mulai dari jarak 20 sampai dengan  70 meter dengan posisi arah ke depan sesuai jarum jam.

Sementara itu, batas kelulusan dari materi ini dari 10 butir munisi yang ditembakan, minimal 7 butir harus tepat mengenai sasaran.

Sebelum melakukan latihan Serka Sarianto menghimbau kepada seluruh prajurit harus memahami tentang mekanisme menembak dalam materi ini, kemudian agar mengikuti semua perintah yang diberikan pelatih serta yang tidak kalah penting yaitu selalu jaga faktor keamanan.