Tari Saman Kodim 0113/Galus, Warnai Safari Ramadhan Panglima TNI

Banda Aceh – Grup tari saman yang di tampilkan Babinsa Kodim 0113 Gayo Lues (Galus), warnai Safari Ramadhan Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo bersama prajurit Kodam IM serta Pemerintah Aceh di Kodam Iskandar Muda, Rabu (31/5/17).

Atraksi seni tari saman yang di tampilkan Babinsa Kodim 0113 Gayo Lues itu cukup menghibur para undangan Safari Ramadhan Panglima TNI.

Grup tari saman Kodim Gayo Lues ini berawal dari binaan Dandim yang ketiga yaitu di tampilkan pada saat acara Pembukaan TMMD tahun 2010 di Kecamatan Rikit Gaib. Namun, hingga saat ini tari saman binaan Kodim ini terus aktif dan tumbuh.

Bahkan, group saman Kodim ini kerap mengisi acara HUT TNI, kegiatan Pemkab Gayo Lues serta pernah tampil di HUT Kodam IM tahun 2015 lalu. Group saman Kodim 0113 ini bukan hanya berisikan para personil TNI AD yang bersuku Gayo, akan tetapi berbaur dengan suku lainnya, seperti suku Jawa, Batak, Padang, Aceh dan sebagainya.

Tari Saman merupakan warisan Leluhur, dimana hampir seluruh masyarakat Gayo Lues bisa melakukannya termasuk prajurit TNI yang berdinas di Gayo Lues. Walau mereka berasal dari berbagai suku tetapi Tari Saman ini mampu mereka kuasai. Di Kabupaten Gayo Lues pernah mencatat sebanyak 5001 penari Saman yang dilakukan secara bersama-sama dan rencana tahun ini akan memecahkan rekor muri kembali dengan 10.001 penari saman termasuk prajurit TNI.

Sebagai Pembina Tari Saman Bapak Bupati H. Ibnu Hasyim selalu mendukung kelestarian budaya kebanggaan Gayo Lues, demikian pula halnya, Dandim 0113/Gayo Lues mulai awal berdirinya Kodim selalu berperan dalam pengembangan tari Saman dengan membentuk sanggar tari yang setiap kegiatan menampilkan Tari Saman ini.

Pada kesempatan Silaturahmi dan Safari Ramadhan Panglima TNI ke Kodam IM tahun 2017 ini, suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Gayo Lues dimana prajurit Kodim 0113/Gayo Lues akan tampil mengisi acara.

Harapan masyarakat budaya yang menjadi warisan leluhur ini akan semakin dikenal di dunia Internasional. Ada yang menarik dari penampilan tari saman nanti, dimana personil yang terlibat seluruhnya anggota Babinsa yang memiliki latarbelakang suku dan budaya yang berbeda, tetapi mereka sangat terampil dan sering tampil pada setiap event kegiatan di Kabupaten Gayolues dan daerah lainnya.

Semoga penampilan prajurit kodim Gayo Lues ini bisa diikuti oleh prajurit lainnya dalam membantu mengembangkan seni budaya dan kearifan lokal sehingga kemanunggalan TNI dengan rakyat makin dekat dan kuat dengan selalu mencintai dan dicintai rakyat.