Meriahkan Pekan Pancasila untuk Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Pidie – Dalam rangka memeriahkan Pekan Pancasila Kodim 0102/Pidie menyelenggarakan kegiatan Wawasan Kebangsaan dan Permainan Out Bound yang dilaksanakan di Aula Salimuddin dan Makodim, Kamis 08 Juni 2017.

Kegiatan tersebut di ikuti oleh pelajar SMA Pidie yang tergabung dalam Saka Wira Pramuka Kodim Pidie , dengan tujuan untuk menanamkan dan memperdalam pengamalan serta penghayatan Pancasila kepada generasi muda.

Dandim 0102/Pidie Letkol Arh Donny Indiawan SIP pada saat pembukaan acara kegiatan tersebut menyampaikan nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila oleh para pendahulu kita di susun sebagai dasar pondasi negara kita, mereka sepakat untuk menjadikan Pancasila sebagai pijakan bagi Indonesia untuk melangkah, guna mengaktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara”  Sehingga perlu dilakukan pembinaan ideologi Pancasila terhadap seluruh elemen bangsa.

” Sedangkan Wawasan kebangsaan adalah cara pandang yang dilandasi akan kesadaran diri sebagai warga negara akan diri dan lingkungannya didalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga dapat di artikan wawasan kebangsaan mengamanatkan kepada seluruh bangsa agar menempatkan persatuan dan kesatuan serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan Pribadi ataupun Golongan,” tegas Dandim.

Selain diikuti oleh siswa SMA yang tergabung dalam Saka Wira Kartika Kodim Pidie kegiatan tersebut jaga di ikuti oleh perwakilan babinsa koramil jajaran, dengan tujuan supaya nanti di laksanakan di sekolah-sekolah binaan koramil jajaran Kodim Pidie.