RINDAM ISKANDAR MUDA PERINGATI NUZULUL QUR’AN

ACEH BESAR. Resimen Induk Kodam Iskandar Muda (Rindam IM) menggelar acara peringatan Nuzulul Qur’an 1438 H/2017 M, di Masjid Mata Ie Rindam IM. Sabtu (17/6/17). Acara tersebut dibuka langsung oleh Komandan Rindam IM Kolonel Inf Niko Fahrizal.

Dalam sambutannya, Komandan Rindam IM Kolonel Inf Niko Fahrizal mengatakan bahwa Al-Qur’an yang merupakan kitab suci petunjuk umat, juga merupakan rahmat bagi semua makhluk di alam semesta ini.

Sebagai petunjuk yang benar bagi kehidupan manusia, Al-Qur’an mengatur hubungan manusia dengan Allah SWT  dan hubungan manusia dengan sesama manusia. Isi petunjuk Al-Qur’an tidak pernah ketinggalan zaman, artinya Al-Qur’an senantiasa aktual dan kontekstual dihadapkan dengan berbagai dinamika perubahan zaman. Terang Danrindam.

Lanjut Danrindam, Peringatan Nuzulul Qur’an memiliki hikmah yang dalam bagi proses pembinaan keagamaan, terlebih kegiatan ini kita laksanakan dalam kondisi sedang melaksanakan ibadah di bulan suci ramadhan. Semoga kehadiran kita di mesjid ini dapat menambah cakrawala pengetahuan keislaman sebagai bekal meningkatkan ibadah kita di masa yang akan datang.

Saya berharap di bulan ramadhan ini kita dapat lebih mengoptimalkan kegiatan ibadah dalam rangka meningkatkan kesolehan pribadi dan kesolehan sosial melalui shalat tarawih, memperbanyak infaq dan shodaqoh serta membaca dan cinta terhadap Al-Qur’an dengan memahami isi kandungan Al-Qur’an untuk meningkatkan pengamalannya. Tutupnya.

“Dengan Hikmah Puasa Ramadhan, Nuzulul Qur’an Dan Idul Fitri 1438 Hijriah Kita Mantapkan Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Allah SWT Sebagai Landasan Moral Dan Pelaksanaan Tugas, Pengabdian Serta Semangat Kebersamaan Prajurit TNI AD Dengan Masyarakat”, merupakan tema yang diangkat dalam peringatan Nuzulul Qur’an tahun ini.

Sementara itu, Ustad Ismail, S.Ag selaku penceramah dengan gaya kocak dan lugas menyampaikan pesan-pesan dan memaknai peringatan Nuzulul Qur’an kepada para hadirin sebagai pedoman hidup selaku umat Islam yang yakin akan kemukzizatan Alquran yang turun di bulan suci Ramadhan.

Selain itu, Ustadz Ismail, S.Ag juga menggambarkan akhlak mulia Rasulullah dalam membina keluarga yang sakinah mawadah warohmah, santun dalam membina rumah tangga yang patut ditauladani untuk diterapkan dalam keluarga. Pentingnya peran istri dalam keberhasilan suami. Kepada para istri untuk selalu berbakti, sabar, patuh dan taat kepada suami. Menurutnya, dalam Alquran dijanjikan surga bagi istri yang beriman dan taat dalam melaksanakan kewajiban pada suaminya.

Diakhir ceramah dijelaskan Asbabun Nuzul tentang turunya Al Quran yang diturunkan oleh Allah kepada utusan Allah Nabi Muhamad Rasulullah SAW.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Persit KCK Cabang IX Rindam IM PD iskandar Muda beserta pengurus, Para Kabag, Para Katim dan Dansatdik Serta Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Rindam IM.