Babinsa Koramil 02/Suka Makmur Bantu Petani Berantas OPT

Oleh
WhatsApp Image 2017-06-19 at 12.38.37

Aceh Besar – Sebanyak 5 orang personel Koramil 02/Suka Makmur jajaran Kodim 0101/BS membantu petani memberantas Organisme Pengganggu Tanaman (OPT), demi menjaga hasil produksi padi dalam rangka mendukung program Pemerintah, mewujudkan program Swasembada Pangan Nasional.

Kegiatan yang dilaksanakan berdasarkan hasil koordinasi Koramil dengan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Suka Makmur tersebut dipimpin langsung oleh Pgs. Danramil 02/Suka Makmur Serma Ujang Haryono, bertempat di Desa Tampok Blang Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Aceh Besar, Senin (19/6/17).

Seperti dilakukan oleh Babinsa Koramil 02/Suka Makmur yang sedang memyemprotkan Obat anti hama di sawah milik Bapak Jamaluddin Ketua Kelompok Tani Nusa Indah Desa Tampok Blang.

Pgs. Komandan Koramil 02/Suka Makmur Serma Ujang Haryono melalui via Whatsapp menjelaskan saat ini tanaman padi sedang memasuki masa vegetatif,  yang sangat rawan terserang penyakit hama ulat grayak, sehingga dapat membahayakan kelangsungan pertumbuhan tanaman padi apabila tidak segera di berantas.

Pgs. Danramil juga menambahkan cara kerja Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) ini menggrogoti bagian daun mulia dari tepi hingga bagian atas atau bawahnya bahkan hingga tersisa epidermisnya saja. Jika daun suatu tanaman rusak, maka tanaman tidak dapat fotosintesis dan tidak dapat meningkatkan produktivitas tanaman padi tersebut.

“Oleh karena itu, kami mengajak kepada para Petani untuk bersama-sama bertindak tegas untuk membasmi OPT, yang dapat mengganggu kelangsungan pertumbuhan tanaman padi,” Ajak Serma Ujang.

Komentar

Loading...