Pangdam IM Bersama Forkompimda Aceh Sholat Idul Fitri di Masjid Raya

Banda Aceh-  Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Fachrudin S.Sos, Wali Nanggroe Malik Mahmud, Gubernur Aceh H. Drs. Zaini Abdullah, Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S. Djambak  berserta pejabat Forkompimda, Kota Banda Aceh bersama-sama melaksanakan Sholat Idul Fitri di Masjid Raya Baiturahman, Banda Aceh. Minggu (25/6/17).

Gema takbir terus berkumandang oleh ribuan jamaah masyarakat Kota Banda Aceh sambil menunggu pelaksanaan waktu shalat. Shalat Ied dimulai tepat pukul 07.30 WIB, bertindak selaku imam dan khotib yaitu DR Munawar A Djalil Ma.

Khotib dalam ceramahnya menyampaikan tentang Hikmah Ibadah Puasa dan Implementasinya dalam Kehidupan Sehari – hari sehingga diharapkan walaupun Bulan Ramadhan telah berlalu namun segala kebaikan di dalamnya dapat kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari – hari.Lanjutnya, banyak sudah pelajaran dan kesadaran yang telah didapatkan. Kita sadar, saat berpuasa meski di tempat yang sangat sepi dan kita sendirian tak mungkin kita minum air meski hanya seteguk. Bahkan air setetes pun kita jaga agar tidak sampai ke dalam tenggorokan kita. Kita sadar bahwa Allah melihat kita, meski kita sendirian tetap dilihat Allah. Sungguh luar biasa, puasa telah menyadarkan kita akan pengawasan Allah atas diri kita hingga pada tingkat yang sekecil-kecilnya.

“ Jadi puasa ramadhan membuktikan bahwa kebersamaan (berjamaah) adalah penuh berkah dan menjadikan sesuatu yang berat menjadi sangat ringan. Kita ummat Islam adalah ummat yang satu. Andaikan semangat dan spirit kebersamaan ini benar-benar kita wujudkan maka pasti menjadi yang paling baik, kuat dan hebat,” jelas Khatib dalam ceramahnya.

Usai pelaksanaaan sholat Idul Fitri Pangdam IM bersama Wali Nangroe, Gubernur, Kapolda beserta seluruh jamaah bersalaman dan saling maaf memaafkan.