Sahli Pangdam IM Bid. Hukum Jadi khatib Idul Fitri di Masjid Jami’

Oleh
WhatsApp Image 2017-06-25 at 14.02.32

Banda Aceh- Sahli Pangdam IM Bid. Hukum dan Humaniter, Kolonel Caj Dr. Ahmad Husein, MA bertindak sebagai khatib pada shalat Idul Fitri 1438 H, di masjid Jami' Leung Bata kota Banda Aceh. Minggu (25/6/17).

Dalam khutbahnya Sahli Pangdam mengajak jamaah yang hadir untuk mengimplementasikan nilai yang diperoleh selama Ramadhan dalam kehidupan sehari-hari dimulai dari Idul Fitri ini.

khatib menjelaskan, nilai dimaksud adalah mudah memaafkan, suka minta maaf dan tidak pernah menyalahkan orang lain. Menurutnya, ketiga nilai ini merupakan barometer suksesnya seseorang dalam menjalani Ramadhan.

“Bila ketiga nilai ini sudah menjadi watak dan karakter maka sifat-sifat hasanah yang lain otomatis akan tumbuh dalam diri, sebab Ramadhan telah melatih kita disiplin waktu, disiplin kegiatan, ketaatan hukum dan aturan serta keinginan untuk berbuat baik,” kata  Kolonel Caj Dr. Ahmad Husein, MA dalam ceramahnya.Lanjutnya, bila semua ini sudah menjadi bagian diri seorang muttaqin, maka keselamatan generasi muda, masyarakat, bangsa dan negara pasti terjamin. “ Untuk itulah, segenap muslim diharapkan mampu menampilkan sifat-sifat terpuji dengan mental baja yang tak haus akan pujian dan tak mudah digoda oleh tarikan hawa nafsu, karena hidupnya dikawal dan dituntun oleh al-Qur'an yang menjadi pedoman hidup, tebarkan kebajikan, lakukan amal saleh dengan tulus dan ikhlas, imbuhnya khatib menutup khutbahnya.

Jamaah yang jumlahnya ribuan hingga meluap ke luar masjid itu mendengarkan dengan khusu' sampai akhir khutbah. Selesai kegiatan, para tokoh masyarakat langsung menuju ke rumah Mukim Leungbata (Tokoh yang paling dihormati di kemukiman Leungbata) untuk melaksanakan acara Silaturrahmi.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat pak Anto menyebutkan bahwa acara Silaturrahmi seperti ini sudah menjadi tradisi turun temurun di masyarakat Leungbata. Selesai shalat Ied, kita dijamu dulu oleh pak Mukim, baru kita silaturrahmi ke tempat yang lain.

Komentar

Loading...