Koramil-02/Bebesen Bersama Kopipe Ketiara dan Masyarakat Budayakan Gotong Royong

IMG-20170630-WA0008

TAKENGON - Prajurit Koramil-02/Bebesen bersama anggota Koperasi Pedagang Kopi ( KOPIPE ) Ketiara melaksanakan kegiatan karya bhakti gotong royong pembersihan rumput dan sampah plastik dalam rangka pembinaan teritorial Satuan Komando Kewilayahan ( SATKOWIL ) yang sudah menjadi program TNI-AD dan mendukung program budaya bersih yang berkelanjutan guna terciptanya lingkungan masyarakat yang sehat, nyaman dan asri yang bertempat di sepanjang jalan Desa Tansaril, Desa Burbiah dan Desa Ulu Nuwih Kec. Bebesen Kabupaten Aceh Tengah, Sabtu ( 01/07/2017 ).

Di sela-sela waktu tersebut Danramil-02/Bebesen Kapten Inf Bambang Suhartono mengatakan Karya Bhakti ini merupakan salah satu metoda dalam upaya untuk pembinaan pertahanan wilayah, oleh karena itu satuan yang ada di daerah harus bersinergi saling mengenal, saling silaturahmi sehingga saling mengenal antara yang satu dengan yang lainnya, dengan demikian penerapan metode ini di harapkan TNI akan tetap di cintai sampai kapanpun oleh rakyat.

Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro, S.I.P di tempat terpisah Dandim menjelaskan, kegiatan Karya Bhakti berupa pembersihan jalan sepanjang 7.500 Meter di ruas kanan-kiri jalan ini sudah sering di lakukan bersama warga masyarakat dalam rangka pembinaan teritorial dan menjalin hubungan tali silaturahmi dengan anggota Koperasi Ketiara.

Di samping itu dihadapkan dengan pada saat ini di Takengon musim hujan sampah bisa terbawa ke selokan dan akan menyumbat saluran air serta sebagai objek wisata akan perkebunan kopi dan alamnya yang indah dan segar untuk di kunjungi para wisatawan, hal ini dapat dihindari apabila sampah di bersihkan serta dikelola dengan baik dan benar.

“Untuk itu kita budayakan kembali kegiatan gotong royong di masyarakat, karena selama ini budaya gotong royong merupakan budaya yang perlu di pertahankan dan tingkatkan. Selain itu di samping melaksanakan tugas pokok pengumpulan data, juga melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial yang sangat di rasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat. sebagai realisasi dari BINTER SATKOWIL yang sudah menjadi program satuan komando atas,” ujarnya.

Saat ini jumlah anggota koperasi kurang lebih sudah mencapai 2700 orang, dengan bekerja sama dengan pihak pemerintah terkait, baik aparat kampung maupun Pemerintah Kecamatan, termasuk diantaranya jajaran Kodim 0106/Aceh Tengah-Bener Meriah, di harapkan kegiatan ini juga mampu mengatasi permasalahan sampah khususnya di perkotaan, sehingga selain lingkungan menjadi bersih, rapi, sehat dan terhindar dari wabah penyakit, lingkungan pun terhindar dari banjir akibat sampah serta masyarakat di himbau agar dapat membiasakan diri untuk tidak membuang sampah plastik secara sembarangan, selain mengganggu pandangan juga mencemari lingkungan, Ungkap Ketua koperasi pedagang kopi Ketiara Kabupaten Ateng Rahmah

Komentar

Loading...