Kodim 0111/Bireuen Mensukseskan Swasembada Pangan Nasional

Bireuen – Kodim 0111/Bireuen, Pos Ramil Peusangan Selatan dalam rangka mensukseskan swasembada pangan nasional yang di programkan oleh pemerintah, Babinsa Pos Ramil Peusangan Selatan Serda Ismail beserta Kopda Andi Fattur Rahman membantu masyarakat petani membersihkan gulma (rumput liar) di kawasan tanaman padi milik petani bapak T.Abdullah seluas 1,5 Ha yang sudah berusia 40 hari di Desa Blang Pala, Kecamatan Peusangan Selatan, Kabupaten  Bireuen, Kamis (06/07/2017).

Danpos Ramil Peusangan Selatan Pelda Sapwani di lain tempat menjelaskan, Gulma atau rumput liar merupakan salah satui masalah petani yang dapat mengganggu produktivitas tanaman padi yang  kehadirannya selalu mengganggu pertumbuhan tanaman dan harus segera di basmi.

Danpos Ramil Peusangan Seatan Pelda Sapwani juga menjelaskan macam-macam gulma pada tanaman padi ini biasanya berbentuk rumput yang menyerupai padi jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi itu sendiri dan akibatnya tanaman menjadi kurang subur di karenakan sari makanan yang di dalam tanah di serap oleh gulma tersebut.

Danpos Ramil juga menambahkah, pembersihan gulma ini bertujuan agar tanaman padi bisa tumbuh normal tanpa ada saingan atau sejenis parasit yang merugikan tanaman padi tersebut. “ Setiap tanaman memerlukan perawatan dan pemeliharaan, tak terkecuali pada tanaman padi, diantaranya adalah pemupukan,penyemprotan hama, atau pembersihan gulma,” ungkapnya.

“ TNI, khusus Babinsa akan terus mendampingi petani setiap saat untuk mewujudkan swasembada pangan nasional yang berkwalitas sehingga perekonomian masyarakat semakin maju,” tutup Danpos Ramil peusangan selatan.