Kedekatan dan Keakraban Babinsa dengan Anak Desa

Aceh Selatan – Kedekatan dan keakraban TNI dengan rakyat tidak perlu diragukan lagi, apalagi seorang Babinsa, tugas dan tanggungjawab seorang Babinsa diwilayah binaannya tidak hanya terfokus pada pendampingan pertanian dan karya bhakti, namun Babinsa juga dituntut mampu berkomunikasi sosial seperti menyelesaikan persoalan masyarakat dan menjadi penghibur dikala masyarakat sedang bersusah hati, tidak terkecuali anak kecil sekalipun.

Seperti yang dilakukan oleh salah seorang Babinsa Koramil 13/Kluet Timur Kodim 0107/Aceh Selatan Kopda Zainal Amri, selesai melaksanakan apel pagi di kantor Koramil, Desa Paya Dapur, Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (13/07/2017),  Kopda Zainal menuju ke Desa binaannya untuk melaksanakan kegiatan anjangsana dan Komsos dengan beberapa warga, termasuk keuchik (kepala desa) dan perangkat Desa setempat.

Disela – sela Komsos dengan masyarakat, Kopda Zainal melihat sekelompok anak kecil berlari sambil berteriak mendekatinya. Mereka mendatangi Babinsa dengan maksud ingin berjumpa dan bermain bersama.

Sambil tersenyum salah satu anak kecil mengatakan kepada Babinsa, Om Babinsa yang sering datang ke kampung kami ya. Kami mau foto sama babinsa.

Lantas, seketika Kopda Zainal Amri merangkul anak – anak dan melakukan foto bersama sambil riang gembira semakin terasa keakrabannya hal itu dapat terlihat dari bahasa tubuhnya anak-anak, mereka saling menyapa, saling ngobrol sampai main bareng, disitu terasa ada kebersamaan, seperti kawan akrab yang sudah lama saling mengenal.

Kopda Zainal Amri mengatakan sangat bangga bisa bermain sambil bercerita dunia tentara kepada anak – anak dan mereka menyambut kedatangan Babinsa dengan senyuman.

“Kita harus baik dengan semua orang, TNI itu asalnya dari rakyat dan untuk rakyat, akan kembali ke rakyat,” katanya kepada anak – anak.