Danramil 04/Sawang Terjunkan Babinsa Terbaik Latih Paskibraka

ACEH SELATAN – Menjelang peringatan hari kemerdekaan republik indonesia ke – 72, Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto memerintahkan seluruh Danramil jajaran Kodim 0107/Aceh Selatan untuk mempersiapkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada upacara peringatan hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di tingkat kecamatan.

Menindaklanjuti perintah Dandim, Danramil 04/Sawang Kapten Inf Raflizar langsung menunjuk 2 orang anggota Babinsa terbaik yaitu Kopda Wahyu Yasin dan Kopda Heri Mardedi untuk melatih Paskibraka. Anggota Paskibraka adalah putra dan putri pilihan yang berasal dari pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas atau sederajat yang dipilih melalui tahap seleksi.

Danramil 04/Sawang Kapten Inf Raflizar kepada awak media mengatakan, anggota Paskibraka terdiri dari siswa siswi SMA 8 orang, SMK 7 orang dan MAN 7 orang. Semuanya berjumlah 22 orang.

“Babinsa terbaik saya akan melatih Paskibraka, mereka tahu apa yang akan dilatihkan supaya siswa siswi bisa mantap, walaupun waktu terbilang sudah cukup singkat,” jelas Danramil.

Pada pelaksanaan latihan yang diselenggarakan di lapangan bola kaki Desa Meuligo, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (20/07/2017), Kopda Wahyu Yasin menegaskan, kegiatan pelatihan PBB bagi personel Paskibraka kecamatan Sawang ini  adalah untuk melatih dan memantapkan serta menyamakan persepsi dan gerakan seluruh personel Paskibra pada upacara proklamasi kemerdekaan republik indonesia nantinya.

“Pemantapan dan penggemblengan pelatihan agar pada saat Pengibaran Bendera Merah Putih, mereka sudah siap dalam pelaksanaannya,” sebut Kopda Wahyu.

Selain itu, di sela-sela waktu istirahat Babinsa juga mengajarkan lagu pembakar semangat, serta yel-yel untuk menumbuhkan kekompakan antar sesama siswa. Kopda Heri Mardedi mengatakan dalam pelatihan ini juga kita terapkan jiwa korsa antara pelatih dan personel Paskibraka.

“Tujuannya agar terjalin komunikasi yang baik, sehingga materi yang dilatih bisa cepat diterima oleh personil Paskibraka,” tuturnya.

Sementara itu, salah seorang siswa Agus, mengaku bangga bisa ikut dalam pelatihan ini dan sangat menikmati semua materi yang diberikan oleh pelatih.

“Setiap siswa yang tergabung dalam pengibaran bendera mempunyai kebanggan tersendiri karena tidak semua siswa mendapatkan kesempatan dan kepercayaan untuk menjadi anggota paskibraka,” ujar Agus siswa SMA Sawang.