Danramil Angkup Berikan Arahan Pada Mahasiswa/I KKN dari Unsyiah

TAKENGON – Danramil-06/Silih Nara, Kodim 0106/Ateng Kapten Inf Iwan Mulyawan memberilan pengarahan kepada Mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Syiah Kuala ( UNSYIAH ) Banda Aceh tentang pola hidup masyarakat dan sosialisasi Kebakaran Hutan lahan ( KARHUTLA ) agar di sosialisasikan ulang ke masyarakat selama melaksanakan KKN, kegiatan ini bertempat di Kantor Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah, Senin (31/07/2017).

Dalam arahannya Danramil-06/SN Kapten Inf Iwan Mulyawan mengatakan, pola kehidupan masyarakat adalah kebiasaan dalam suatu kehidupan. Seperti contoh pola kehidupannya dapat dinilai dari cara manusia mencari kebutuhan, dalam suatu desa terdapat pola kehidupan kasta, dimana masih adanya masyarakat yang menbedakan nilai antara orang kaya dengan orang miskin, kedudukan masyarakat kalangan keluarga kerajaan dengan masyarakat biasa.

Hal itu adalah contoh pola kehidupan dalam kehidupan masyarakat. Jika dilihat dari pola hidup keanekaragaman pencarian nafkah, dapat diumpamakan masyarakat yang tinggal di area pegunungan akan banyak menekuni lapangan pekerjaan petani, berbeda dengan masyarakat di sekitar pantai. Bisa dikatakan pola kehidupan juga disesuaikan dengan habitat tempat makhluk hidup tersebut tinggal, Karena pola itu adalah kebiasaan, dan secara tidak langsung makhluk hidup pastilah akan menyesuaikan pola hidupnya dengan alam sekitar.Makhluk hidup dengan lingkungan tertentu membentuk pola kehidupan yang khas, sehingga ditemukan berbagai pola kehidupan dengan kekhasan masing-masing. Adanya perbedaan lingkungan menyebabkan timbulnya berbagai pola kehidupan.

Pola kehidupan dapat dibagi dalam tiga bagian, yaitu:pola kehidupan di darat, di air, dan pola kehidupan yang khas. Bentuk pola hidup masyarakat tidak hanya menyangkut lapangan pekerjaan pendidikan dan kehidupan keluarga belaka, tetapi jauh dari itu meliputi keorganisasian masyarakat sosial, upacara dan adat istiadat yang berlaku serta kehidupan keragamaan, namun dalam suatu masyarakat atau desa terdapat beberapa pola hidup, selain arahan tentang pola hidup masyarakat, Danramil juga memberikan arahan tentang (Karhutla) serta agar di sosialisasikan juga kepada masyarakat selama KKN di tempat ini, Tutur Kapten Inf Iwan Mulyawan