INFOLAHTADAM IM BERIKAN WAWASAN KEBANGSAAN KEPADA MURID SD N 27 BANDA ACEH

Oleh
WhatsApp Image 2017-07-31 at 08.32.12

BANDA ACEH – Sekolah Dasar merupakan jenjang pendidikan dasar yang memiliki posisi strategis dalam membentuk mental, perilaku dan karakter generasi muda bangsa, pada fase usia seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan dan pendidikan dasar sebagai pondasi dan bekal yang terus akan diingat hingga dewasa dan masa tua yang mengiringi perjalanannya dalam meraih cita-citanya dimasa yang akan datang.

Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut, Satuan Infolahtadam IM melaksanakan kegiatan Pembinaan Teritorial tebatas (Bintertas) dengan materi wawasan kebangsaan kepada 350 pelajar SD N 27 Banda Aceh, Kampung Mulia Kota Madya Banda Aceh. Jum’at (28/7/17).

Kegiatan dipimpin oleh Kasi Binsisfomin Infolahta Mayor Chb Musyarodin didampingi oleh Paur Progperslog Sibinsisfomin Letda Inf Agus Edi dengan memberikan materi 4 pilar kebangsaan meliputi pengertian Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI selain itu juga diberikan materi kedisiplinan, moral dan etika.

Dalam memberikan materi, Mayor Chb Musyarodin mengajak dan mengajarkan para siswa untuk ikut aktif dalam kegiatan tersebut, dengan dikemas secara menarik dan gembira sehingga siswa mudah memahaminya untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari ditingkat Sekolah Dasar sehingga menambah semangat dan antusias anak-anak untuk turut aktif mengikuti kegiatan dan arahan yang diberikan.

Seperti mengajak menghafal butir-butir pancasila dan memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari, seperti halnya mengajak untuk terus giat mengaji, sholat, patuh pada orang tua dan guru, saling tolong menolong, menjaga kerukunan dan kesetiakawanan, menghormati perbedaan, dan sopan santun. Selain itu juga siswa diajak untuk mengingkat kembali nama-nama pahlawan nasional maupun perjuangannya, menyanyikan lagu-lagu nasional.

Bukan hannya itu saja, Kasi Binsisfomin Infolahta Mayor Chb Musyarodin didampingi oleh Letda Inf Agus Edi mengajak adik-adik siswa untuk terus giat belajar untuk meraih cita-citanya, bila ingin menjadi anggota TNI harus giat dalam belajar, suka berolah raga, dan pastinya adik-adik dan orang tua akan bangga melihat anaknya menjadi anggota TNI, mengabdi kepada bangsa negara.

Dalam kesempatan tersebut Mayor Chb Musyarodin menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan program dari Komando Atas yang merupakan penjabaran dari pelaksanaan program bintertas. Dan kegiatan ini sangat penting dalam membentuk dan menanamkan nilai-nilai wawasan kebangsaan kepada anak-anak sebagai generasi penerus bangsa yang berkepribadian dan cinta NKRI.

“kegiatan ini sangat penting, untuk menanamkan nilai-nilai dasar wawasan kebangsaan kepada anak-anak kita dalam membentuk karakter dan kepribadian yang berjiwa nasionalisme”. Terang Musyarodin.

Sebelumnya, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Kepala Sekolah SD N 27 untuk menyelenggrakan kegiatan ini agar berjalan lancar.

Selain itu, lanjut Musyarodin, tujuan kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan disiplin, loyalitas, setia kawan dan nasionalisme generasi muda khususnya para pelajar sejak dini. Sehingga menjadi generasi penerus yang berkarakter kabangsaan, handal dan pantang menyerah serta berahlak, berdayasaing tinggi sebagai pemimpin yang akan meneruskan pembangunan dan kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara dimasa mendatang.

Komentar

Loading...