logo
logo
Selamat Datang di Website Resmi Kodam Iskandar Muda

Kasad Tutup TMMD ke 99 di Aceh Jaya

Aceh Jaya – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono selaku Penanggung Jawab Operasional  TNI Manunggal Membangun Desa  (TMMD) ke 99 Tahun 2017, menutup kegiatan TMMD ke 99 di Aceh Jaya dilapangan sepak bola/Stadion Mini Lhok Kruet Desa Lhok Kruet Kec. Sampoiniet Kab. Aceh Jaya, Rabu (2/7/17).

Pada penutupan TMMD tersebut, di tandai dengan penandatangan antara Bupati Aceh Jaya Drs, HT Irfan TB. dengan Danrem 012/TU Kolonel Inf Nefra Firdaus selaku Penanggungjawab Keberhasilan Pelaksanaan TMMD ke 99 Kodim 0114/Aceh Jaya.

Kasad dalam amanatnya menyampaikan, bahwa kegiatan TMMD ini berjalan selama satu bulan sejak tanggal 4 Juli 2017, dengan penuh kebersamaan serta dilandasi semangat gotong-royong dan kemanunggalan, para prajurit TNI, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke-99 ini.

“Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan Bangsa pada masa sekarang ini, termasuk membantu Pemda mempercepat pembangunan di daerah, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan Kemanunggalan TNI Rakyat guna menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan Negara,” kata Kasad.

Kepala Staf Angkatan Darat juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak, dan elemen masyarakat, yang telah membantu secara moril dan materiil. Sehingga kegiatan TMMD ke-99 ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Lanjut Kasad, dijelaskannya bahwa program TMMD ini telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD). Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama lebih kurang 37 tahun ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

” Jadi Program TMMD masih sangat dibutuhkan, mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat relevan dan sesuai dengan koridor undang-undang,” ucap penanggung Jawab Operasional TMMD ke 99 Tahun 2017 ini.

Baca Juga:  WAKIL KETUA DPRA SULAIMAN ABDA TINJAU MASJID ARRAHMAH DODIK BELA NEGARA RINDAM IM

Jendral bintang empat ini menyatakan, keberhasilan dari kegiatan TMMD ini sangat dirasakan oleh masyarakat ataupun Pemda, sehingga Pemda bersama rakyatnya meminta agar kegiatan TMMD ditambah. Berdasarkan keinginan masyarakat itulah maka pada TA. 2017 ini terjadi perubahan program TMMD, yang semula 2 kali dalam setahun menjadi 3 kali setahun sesuai dengan Surat Menteri Dalam Negeri RI kepada Gubernur serta Bupati/Walikota Nomor 140/174/SJ tanggal 16 Januari 2017 tentang Penambahan kegiatan program TMMD dari 2 kali menjadi 3 kali dalam setahun,” tutup Kasad.

Seusai upacara penutupan, Kasad didampingi Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Fachrudin, S.Sos, Para Asisten Kasad, Kapolda Aceh Rio S Djambak, Bupati dan Anggota FKPD, Kabupaten Aceh Jaya, berkesempatan meninjau stand pengobatan gratis dan stand donor darah, stand Persit KCK  yang di tampilkan oleh prajurit dan Persit Kartika Candra Kirana jajaran Korem 012/TU jajaran Korem 012/TU serta stand rekrutmen prajurit TNI AD oleh Ajendam IM.

Acara penutupan tersebut turut dihadiri,  Wakil Gubernur dan Anggota FKPD Provinsi Nangroe Aceh Darussalam,  serta Pejabat Pemda dan Dinas/Instansi,  Para Tokoh Masyarakat, Tokoh, Agama, Tokoh Pemuda dan Organisasi Kemasyarakatan, segenap Prajurit TNI, Polri.