Pabung Aceh Utara: Babinsa Garda Terdepan Pembinaan Teritorial TNI AD

Lhokseumawe – Dalam rangka meningkatkan pemahaman tugas dan fungsi Babinsa, Kodim 0103/Aceh Utara menggelar Kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Binsiap Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puanter) Triwulan II Tahun Anggaran 2017 kepada seratus empat puluh enam orang Babinsa di Aula Sapta Marga Makodim setempat. Jumat (11/08 ).

Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto melalui Pabung Mayor Kav Drs. Yusri, MH disela sela pembukaan kegiatan tersebut mengatakan Aparat kewilayahan perlu memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial agar memiliki kesaman langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas yang semakin kompleks.

Lebih lanjut dikatakan, Bintara Pembina Desa (Babinsa) merupakan garda terdepan dalam melaksanakan pembinaan teritorial TNI AD, oleh karena itu Babinsa harus meningkatkan ilmu teritorial agar dalam melaksanakan tugas sesuai dengan situasi dan kondisi yang semakin dinamis.

“Untuk meningkatkan Kesiapan Kewilayahan dan Kemampuan Teritorialnya itu, maka diperlukan kemampuan dan ilmu Teritorial  saat ini,” ujarnya.

Adapun materi yang diberikan diantaranya penanggulangan terorisme, penanggulangan bencana alam, penyuluhan pertanian, Peningkatan kemampuan komunikasi sosial dan Pengamalan sikap teritorial yang benar dengan pemateri oleh Danramil Jajaran Kodim 0103/Aceh Utara.