Babinsa Lampahan Pantau Tanaman Padi Terhadap Hama Wereng

Oleh
IMG-20170812-WA0015

REDELONG - Babinsa Koramil Model-05/TG Serda Sugi Mulyono bersama Poktan Suka Maju melaksanakan kegiatan pemantauan dan pengecekan tanaman padi terhadap serangan hama wereng dan hasilnya sampai saat ini belum di temukan terhadap hama tersebut, kegiatan ini di laksanakan bersama-sama dengan Babinsa yang lainnya yang bertempat di seluruh lahan persawahan yang ada di kecamatan Timang Gajah dan Gajah Putih Kabupaten Bener Meriah, Sabtu ( 12/08/2017 ).

Dalam kesempatan ini Babinsa Koramil-05/TG, Kodim 0106/Ateng Serda Sugi Mulyono mengungkapkan, hama wereng merupakan hama potensial yang pada saat tertentu dan merupakan salah satu hama padi yang harus ditangani dengan serius karena sangat merugikan para petani dan dapat menyebabkan kerugian karena padi menjadi tidak berisi atau gabuk. Populasi hama wereng apabila tidak cepat diatasi dapat menurunkan hasil produksi gabah.

Tambah Sersan Sugi, cara Hama Wereng merusak bulir padi adalah dengan menghisap butiran gabah yang sudah mulai berisi. Biasanya hama wereng merusak tanaman padi ketika mencapai fase berbunga sampai matang susu. menurut Giyanto selaku PPL Desa Tubanan Sampai sekarang belum ada varietas padi yang tahan terhadap hama wereng, salah satu cara mengatasi hama wereng adalah dengan mengadakan penyemprotan denga pestisida.

Kelompok Tani Suka Maju mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang selama ini sudah memberikan pendampingan dalam bertani semoga dengan adanya kegiatan ini di harapkan untuk hasil panen padi akan semakin meningkat dan kehidupan petani akan semakin sejahtera.

Komentar

Loading...