Jaga kelestarian Lingkungan, Prajurit Kipan C Yonif 116/GS Tanam Bibit Pohon di Sekitaran Asrama

Oleh
WhatsApp Image 2017-08-12 at 13.11.30

MEULABOH. Kompi Senapan C Batalyon Infanteri  116/Garda Samudera  menunjukkan kepedulian terhadap upaya pelestarian lingkungan,  disela-sela kegiatan latihan program satuan tempur, prajurit Kipan C Yonif 116/GS melaksanakan penanaman bibit pohon sekitaran asrama betempat di Desa Lapang Kec. Johan Pahlawan Kab. Aceh Barat. Sabtu (12/8/17).

Pemeliharaan lingkungan yang baik akan sangat berdampak positif bagi kelangsungan hidup manusia dan alam semesta, karena manfaat lingkungan yang asri berdampak pada fungsi pembawa air, fungsi sumber alam dan fungsi informasi, lingkungan alam yang ada disekitar kita bukan hanya dinikmati hasilnya saja, tetapi harus dipelihara.

Dalam kegiatan penanaman bibit pohon ini Komandan Kompi (Danki) Senapan C Yonif 116/GS Kapten Inf Tony Firmanto mengatakan penanaman ini dilaksanakan bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan disekitar asrama sehingga dapat memberikan rasa nyaman kepada warga serta sekaligus mendukung program penghijauan.

Lebih lanjut Kapten Inf Tony mengatakan, saat ini disekitaran Asrama banyak lahan kosong yang belum termanfaatkan dan masih berupa lahan tidur/non produktif. Lahan tidur tersebut sebagian besar berupa semak belukar dan lahan terbuka yang kering terutama pada musim kemarau, sehingga menimbulkan kerawanan berupa hilangnya sumber mata air yang akan memberikan kontribusi kepada terjadinya efek pemanasan global.

Selain itu menurut Dankipan C kegiatan penanaman bibit pohon ini untuk mengurangi dampak pemanasan global dan meningkatkan absorbsi gas CO2, SO2 serta polutan lainnya serta untuk mencegah kekeringan dan tanah longsor sekaligus meningkatkan upaya konservasi sumber daya genetik tanaman pelindung dan penghijauan.

"Dalam kegiatan penanaman bibit pohon ini, kami telah menyediakan beberapa bibit pohon yang dapat dimanfaatkan untuk penghijauan seperti bibit pohon Sengon, Sirsak, Mangga, Mahoni dan bibit pohon Rambutan dan kami akan tanam di lahan-lahan kosong disekitaran asrama disamping sebagai peneduh, juga nanti hasil buah-buahnya dapat kita nikmati,” tutur Kapten Inf Tony.

Komentar

Loading...