Batalyon Infanteri 116/GS Melaksanakan Pengecekan Administrasi dan Kondisi Fisik Kendaraan Anggota

Oleh

MEULABOH. Disiplin adalah nafasku, Staf-1/Lidik beserta Provost Yonif 116/GS mengadakan pengecekan kelengkapan administrasi dan kondisi fisik kendaraan yang dipakai oleh prajurit Yonif 116/GS sebelum keluar kesatrian, kegiatan ini digelar di Mayonif 116/GS desa Aleu Peunyaring Kec. Meurebo Kab. Aceh Barat. Senin (14/8/17).

Kegiatan ini dilakukan secara rutin kepada seluruh prajurit Yonif 116/GS sebelum keluar kesatrian, hal ini merupakan salah satu upaya satuan dalam meminimalisir terjadinya angka pelanggaran lalu lintas serta  kelengkapan administrasi kendaraan apakah sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku atau tidak, serta tentang masa berlakunya administrasi tersebut untuk sekaligus mendapatkan data yang akurat mengenai kejelasan identitas kepemilikan kendaraan pribadi milik prajurit.

Pemerikasaan kelengkapan administrasi kendaraan ini meliputi pengecekan Surat Ijin Bermotor (SIM), STNK, Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Surat Ijin Keluar Kesatrian (KIK).Selain pemeriksaan administrasi, pemeriksaan ini juga meliputi fisik kendaraan antara lain helm berstandar SNI, perlengkapan standar kendaraan seperti kaca spion kiri kanan, lampu sein, fungsi rem, pengukur jarak kecepatan serta pemeriksaan stiker pada kendaraan yang tidak sesuai penggunaannya hingga kelayakan pakai kendaraan.

Perwira Seksi (Pasi) 1 Lidik Yonif 116/GS Lettu Inf Mohammad Amri Djuddah menyampaikan, pengecekan ini dilakanakan guna untuk meminimalisir angka kecelakaan, serta untuk menjaring kendaraan yang tidak layak pakai, saat ini pelanggaran lalu lintas cendrung meningkat sehubungan sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada prajurit di Satuan lain, karena bagi prajurit yang mengalami kecelakaan lalu lintas maka sesuai dengan ketentuan berlaku dilingkup TNI AD akan mendapatkan sanksi berupa hukuman administratif yang berkaitan dengan kesejahteraan prajurit.

Lettu Inf Mohammad Amri juga menambahkan, “Yang perlu dipahami oleh seluruh prajurit Yonif 116/GS adalah bahwa pemeriksaan ini dilaksanakan bukan untuk sengaja mencari kesalahan dan kekurangan prajurit, akan tetapi untuk mengingatkan para prajurit bahwa pentingnya kelengkapan administrasi berkendaraan dan kelayakan kondisi fisik kendaraan pada saat dipakai di jalan”. tuturnya

Komentar

Loading...