TNI Bantu Padamkan Api di Lahan Gambut

MEULABOH, Telah terjadi kebakaran lahan gambut di desa Suak Raya Kecamatan Johan, Kabupaten Aceh Barat. Sabtu (26/8/17).

Pantauan dilapangan, lokasi kebakaran lahan tersebut berada di tengah hutan dan jauh dari permukiman.

Sementara, untuk menuju sampai ke lokasi titik kebakaran lahan tersebut, harus berjalan kaki, karena tidak dapat diakses oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Berdasarkan pantauan diLapangan dan Informasi BMKG, lahan yang kebakaran tersebut merupakan milik Usman Abdullah (58) yang merupakan lahan gambut yang akan dijadikan Kebun Karet seluas 5 Ha.

Sementara lahan gambut yang kosong, milik Yasir (50) luas 4 Ha , Abdul Talib (48) luas 2 Ha, Abduh (58) luas 2 Ha, Nyakman(65) luas 1 Ha, Ali Arifin(47) luas 5 Ha, Sdr.Usaini(45) luas 1 Ha.Di informasikan, Kebakaran yang terjadi, berasal dari OTK,  Api sementara sudah  dapat di padamkan, tetapi masih mengeluarkan asap dan masih dalam pemantauan.

Upaya pemadaman api tersebut menggunakan alat Mesin sedot air Robin 2 unit dan manual (ranting-ranting pohon). Dikarekan titik api berada di tengah hutan yang sulit dijangkau dengan menggunakan kendaraan pemadam.

Pemadaman tersebut dilakukan dari anggota Kodim 0115/Aceh Barat, Polri, Bpbd dan masyarakat setempat.