Babinsa Koramil Cot Girek Hadiri Tradisi Adat Kenduri Blang

ACEH UTARA – Babinsa Koramil 20/Cot Girek Jajaran Kodim 0103/Aceh Utara menghadiri acara tradisi adat kenduri blang yang digelar oleh masyarakat di desa Meunasah Trieng Kecamatan Cot Girek Kabupaten Aceh Utara. Senin (28/08).

Komandan Koramil 20/Cot Girek Kapten Inf Gunawan Siregar dalam kesempatan terpisah menjelaskan  Kenduri Blang adalah salah satu kearifan lokal yang saat ini masih sering dilaksanakan secara turun temurun oleh masyarakat aceh.

Kenduri blang dilaksnakan tiga kali sejak mulai dari persiapan turun sawah hingga menjelang panen. Disaat padi mulai menghinjau (pade dara) masyarakat melakukan kenduri ke dua dan di saat musim panen tiba petani akan mengadakan kenduri ke tiga.

“Menghadiri Kegiatan Kenduri Blang selain sebagai ajang silahturahmi juga sebagai bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat, khususnya Babinsa di wilayah binaanya”, katanya.

Ia juga mengatakan, para Babinsa di jajaranya terus melakukan pendampingan terhadap para petani dalam rangka tercapainya  swasembada pangan yang telah di targetkan oleh Pemerintah.

“Babinsa setiap hari terjun kelapangan untuk terus mendampingi para petani agar target swasembada pangan tercapai,” tuturnya.