Dengan Semangat dan Pantang Menyerah, Anggota Kodim 0105/Abar Berjibaku Padamkan Api Di Lahan Gambut

Aceh Barat – Tim gabungan dari Kodim 0105/Abar, Polres dan BPBD Aceh Barat terus berusaha memadamkan api dan asap sisa kebakaran tanggal 25 Agustus 2017 di dua titik Desa Suak Raya, Minggu (27/8).

Dilain tempat juga terpantau lokasi api baru menyala di Desa Lapang Kec. Johan Pahlawan, tepatnya di Perbatasan desa Lapang dan Suak Raya. Dengan semangat dan pantang menyerah para prajurit Kodim 0105/Abar pun berusaha memadamkan lokasi api yang baru menyala tersebut.

Pemadaman sisa api maupun yang baru terbakar tersebut dipimpin langsung oleh Dandim 0105/Abar Letkol Inf. Herry Riana Sukma, Kapolres Aceh Barat AKBP Teguh Priambodo SH, Kepala BPBD Aceh Barat Teuku Saluna Polem, dan di dampingi oleh Danramil 07/JP Kapten Inf. Sudarsono, Pasi Intel kodim 0105/Abar Lettu Inf. Rais S,AP dan Kapolsek Johan Pahlawan AKP Samsari.

Dalam pemadaman Api dan Asap Kodim 0105/Abar mengerahkan 30 Orang Personil, BPBD 20 Orang dan Polres Aceh Barat 30 Orang, pemadaman dibagi dua titik di Titik asap oleh Polres Aceh Barat dan titik api oleh Kodim 0105/Abar dan BPBD Aceh Barat dengan mengerahkan dua unit mesin Robbin di bantu dengan pemadaman manual.

Di lokasi lahan kebakaran Danramil dan kapolsek Johan Pahlawan, memanggil pemilik lahan warga Ds. Suak Raya untuk membantu pemadaman Asap, sedangkan di lahan yang baru terbakar masih dalam pengusutan pihak Polres Aceh Barat, sampai saat ini kasus kebakaran lahan masih di dalami pihak kepolisian dengan mengumpulkan data dan saksi.

Tim BPBD Aceh Barat sudah menstambaykan satu unit Escalator ( Beko)  untuk pembuatan lubang di dekat sumber asap dan api, agar memudahkan pemadaman, yaitu di lahan yang luas terbakar di Ds.Suak Raya Kec. Johan Pahlawan kab.Aceh Barat.

Pada Pukul 15.45 Wib kondisi cuaca sempat turun hujan sehingga untuk lahan yang baru terbakar sudah mulai padam, dan upaya TNI bersama BPBD terus memutuskan rambatan api ke lahan yang lain dengan menggunakan mesin Robbin hingga api benar benar padam walaupun dalam kondisi hujan.

Upaya pemadaman saat ini merupakan hari ke tiga pemadaman api di Ds. Suak Raya, Kec.Johan Pahlawan dan Ds. Lapang perbatasan lahan yang sudah terbakar dengan lahan yang baru terbakar bersebelahan.

Tim gabungan pemadaman Kodim 0105/Abar, Polres dan BPBD Aceh Barat telah memasang tenda darurat dan menyebarkan Spanduk larangan membakar lahan di lokasi pemadaman, dan titik lahan gambut yang terbakar.

Pantauan terus di lakukan untuk menghambat api oleh TNI/Polri dan BPBD Aceh Barat serta memburu pelaku dan mengumpulkan data lahan yang terbakar untuk kedua kalinya di lokasi yang sama.