Konsisten Dampingi Petani, Serka M. Tahari Bantu Tanam Padi

ACEH UTARA –  Sebagai Bentuk Motivasi dan Kepedulian dalam rangka pencapaian swasembada pangan perlu adanya usaha pendampingan dan kerja sama yang maksimal dari para Babinsa, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dan petani.

Salah bentuk pendampingan yang dilakukan diantaranya dengan membantu petani dalam menanam padi pada musim tanam seperti yang dilakukan oleh Serka M. Tahari , Babinsa Koramil 06/Samudra Jajaran Kodim 0103/Aceh Utara di desa Krueng Baro Langgahan Kecamatan Samudera Kabupaten Aceh Utara. Senin (28/08).

Disela sela kegiatan tersebut Serka M. Tahari mengatakan, Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Babinsa terhadap wilayah binaanya dan merupakan perintah dari Komandan Kodim 0103/Aceh Utara  untuk terus mendampingi kolompok tani di desa binaan masing masing dengan harapan dapat terjalin hubungan yang kuat antara petani dan babinsa sehingga program swasembada pangan tercapai.

Ia juga mengatakan selama ini para Babinsa bersinergi dengan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dalam pencapaian upaya khusus padi, jagung dan kedelai (pajale), TNI sudah ditugaskan menjadi pendampingan pertanian.

Serka M. Tahari juga mengingatkan setelah musim tanam ini petani kemudian melaksanakan perawatan diantaranya pemupukan dan pengobatan tanaman padi secara teratur dan terjadwal, sehingga kesuburan tanah dan tanaman tetap terjaga.

“Babinsa juga memberikan pengawasan dan pengecekan terhadap persediaan pupuk yang ada pada kelompok tani (poktan),” imbuhnya.