Babinsa Kodim 0105/Abar Dibekali Cara Membuat Rotan, Roma dan Roter

Meulaboh – Aceh Barat. Hari pertama pelaksanaan kegiatan peningkatan kemampuan Apkowil di Makodim 0105/Abar beri pembekalan secara teori maupun praktek kepada peserta yang terdiri dari perwakilan Babinsa dari Koramil/Posramil jajaran Dim 0105/Abar. Selasa (29/8/17).

Setelah menerima materi secara teori melalui paparan slide oleh Kapten Inf Suryono Efendi dan Serka Juni Asman yang pernah didapatkannya pada saat pembekalan peningkatan kemampuan Apkowil Terpusat di Pusdikzi Bogor. Kali ini peserta melaksanakan praktek cara membuat ROTAN (Ramuan Organik Tanaman), ROMA (Ramuan Organik Hama), ROTER (Ramuan Organik Ternak).

Dalam kegiatan peningkatan kemampuan Apkowil tersebut dibawakan langsung oleh Pasiter Kodim 0105/Abar Kapten Inf. Suryono Efendi dan Serka Juni Asman yang menjelaskan teori dan langsung melaksanakan praktek. Hal tersebut dilakukan agar para Babinsa dapat langsung mengerti dan memahami bagaimana cara pembuatannya.

Ada tiga materi yang diberikan yakni pembuatan ROTAN (Ramuan Organik Tanaman), ROMA (Ramuan Organik Hama), ROTER (Ramuan Organik Ternak). Para Babinsa begitu antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut apalagi dalam proses pembuatannya membutuhkan bahan-bahan yang mudah didapatkan disekitar lingkungan.” Ujarnya.

“Setelah mengikuti kegiatan peningkatan kemampuan Apkowil seluruh Babinsa akan memberikan pelatihan dan praktek langsung kepada masyarakat khususnya petani di wilayah binaannya.” tandas Kapten Suryono.

Diharapkan, masya­rakat di sektor pertanian, perikanan dan peternakan bisa mening­katkan kualitas produksinya. Karena banyak sekali teknologi yang sebenarnya sangat mudah untuk diterapkan,” imbuh Kapten Suryono