Bersama Masyarakat Korem Lilawangsa Laksanakan Shalat Idul Adha 1438 H

Lhokseumawe – Prajurit Korem 011/LW beserta masyarakat melaksanakan sholat  dalam rangka hari raya Idul Adha 1438 H tahun 2017 yang bertempat di lapangan Jenderal Sudirman Kota Lhokseumawe, Jumat(1/9). Bertemakan komunikasi sosial prajurit TNI dan rakyat guna memperkokoh persatuan dan kesatuan.

Dalam khotbah yang disampaikan oleh Tgk.H. Abdul Manan  selaku Khotib mengatakan bahwa  Idul adha atau juga kita sebut sebagai Idul Takbir atau hari raya qurban, adalah ibadah ritual yang diangkat dari kisah penyembelihan Nabi Ibrahim AS terhadap anaknya Ismail. Bapak dari agama-agama samawi, monoteistik atau Abrahamic relegion ini, sebagaimana di kisahkan dalam al-Qur’an adalah teladan sempurna dari manusia yang hidup sesuai dengan fitrahnya. Dengan fitrahnya yang murni, dia memperoleh kebenaran bahwa hanya ada satu Tuhan diatas segala makluk. Dia berjuang melawan kemusyrikan dan penindasan di tengah-tengah masyarakatnya, meskipun harus di usir dari kampung halaman sendiri oleh kaumnya, dan bahkan oleh bapaknya sendiri.” jelasnya.

Dengan keteguhan dan ketabahan Nabi Ibrahim A.S menunjukkan ketaatannya dan ketaqwaan kepada Allah, sesungguhnya ia telah memperoleh makna qurban yang dimaksud, yaitu keiklasan hati, ketaatan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Tambahnya.

Pada Kesempatan itu  Komandan Korem 011/LW Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, S.I.P, M.Si mengatakan Hari Raya Idul Adha adalah hari raya Qurban artinya pendekatan, yaitu pendekatan kepada Allah. Setiap perbuatan yang mempunyai dampak pendekatan diri kepada Allah adalah suatu bentuk perbuatan qurban. Demikian hal yang berhubungan dengan Nabi Ibrahim A.s dan Ismail, yang dinilai Allah bukanlah penyembelihan anaknya tapi keiklasan hati, ketaatan dan ketaqwaan Nabi Ibrahim A.s dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Setelah selesai melaksanakan Sholat Idul Adha 1438 H,  Danrem 011/LW Kolonel Inf  Agus Firman Yusmono, S.I.P menyerahkan secara simbolis hewan Qurban kepada Kabintalrem 011/LW Kapten Inf Zulkifli sebagai ketua pelaksana pemotongan hewan qurban yang terdiri dari 6 ekor Sapi dan 8 ekor kambing yang akan disalurkan kepada Prajurit TNI dan  masyarakat yang berhak menerimanya.