Babinsa Posramil Kuta Blang Bersama PPL Sosialisasikan Cara Buat Pestisida Alami Pada Tanaman Pangan

BIREUEN – Kodim 0111/Bireuen, Upaya membantu petani dalam meningkatkan hasil produksi pertanian dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya mengendalikan hama yang biasanya menyerang tanaman muda melalui pembuatan pestisida Alami untuk hama dan penyakit tanaman Muda.

Mengingat pentingnya bagi para petani untuk mengetahui pembuatan pestisida Alami, maka Dinas PPL Kec. Kuta Blang Rapika.S.P dengan didampingi Babinsa Posramil Kuta Blang Serda Nanang melaksanakan sosialisasi pembuatan pestisida Alami bertempat di Desa Imbudee Kec.Kuta Blang, Selasa (05/09/2017).

Dalam sosialisasi tersebut dihadiri antara lain Ketua Poktan Rencana Jaya Marzuki, Ketua Poktan Bina Cahaya Zainuddin dan anggota Poktan Tani Maju.

Rapika.S.P menjelaskan, pestisida Alami adalah pestisida yang bahan aktifnya berasal dari tanaman atau tumbuh-tumbuhan atau bahan organik lainnya, Dari tanaman yang dapat dimanfaatkan seperti akar, batang, daun maupun buahnya.

Konsep pertanian seperti ini sangat ramah lingkungan dan tidak akan merusak ekosistem yang ada, bahannya juga relatif murah dan mudah didapat di sekitar kita demikian pula cara pembuatannya hanya dengan peralatan sederhana.

Secara terpisah, Danposramil Peltu Dahlan di meja kerja menambahkan, dengan adanya pestisida Alami akan mengurangi kecenderungan petani dalam menggunakan obat-obatan pertanian berbahan kimia bahkan biaya produksi juga dapat ditekan.