Pentingnya Pelaksanaan Upacara Bendera Hari Senin, Ini Penjelasan Dandim Aceh Selatan

Aceh Selatan – Memasuki minggu kedua Triwulan – III bulan September 2017, Kodim 0107/Aceh Selatan melaksanakan upacara Bendera Merah Putih yang dipusatkan di lapangan Apel Makodim Desa Lhok Bengkuang Timur Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, Senin (11/09/2017) tepat pukul 07.30 Wib.

Upacara bendera Merah Putih merupakan rutinitas yang dilaksanakan setiap hari senin dengan tujuan membina dan memelihara kedisiplinan, kekompakan serta kerja sama. Dan yang paling penting adalah untuk mengenang jasa para pendiri bangsa.

Dandim 0107 Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto kepada Pendim juga menjelaskan makna upacara Bendera Merah Putih hari senin.

“Upacara Bendera Merah Putih adalah segala tindakan atau gerakan yang dirangkaikan serta ditata dengan tertib dan disiplin dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan memimpin serta membiasakan kesediaan dipimpin dan membina kekompakan serta kerjasama yang baik,” terang Dandim.

Apalagi, kita ini disatuan Teritorial yang sehari – hari berbaur dengan masyarakat, memimpin warga dan melakukan kegiatan kemasyarakatan. Semestinya memiliki unsur kepemimpinan, Kedisiplinan, kejujuran dan sebagainya.

“Prajurit harus bisa disiplin menjaga diri, disiplin bertugas, tak perlu diawasi tapi kegiatan berjalan, ini perlu kesadaran yang tinggi, makanya upacara bendera memupuk semua hal menjadi prajurit yang dewasa serta bertanggung jawab,” pungkas Dandim.

Selain itu, tambah Dandim, makna upacara yaitu tetap memelihara nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme.

“harapannya mengawali hari kerja yaitu Senin, prajurit setiap saat dapat memelihara kedisiplinan, makanya upacara wajib dilaksanakan rutin setiap hari senin,” sebut Dandim.