Dandim 0112/Sabang Hadiri Acara Launching Peta NKRI 2017

Sabang, Komandan Kodim 0112/Sabang Letkol Czi Kholid Firdaus, S.E menghadiri acara Launching Peta NKRI 2017 tepatnya di Tugu KM 0 Indonesia yang terletak di Gampong Iboih, Kacamatan Sukakarya, Kota Sabang. Jum’at (15/9/17).

Acara Launching Peta NKRI 2017 tersebut  dilakukan langsung oleh Gubernur Aceh Drh.Irwandi Yusuf dan kepala BIG (Badan Informasi Geopasial) Prof.Hasanuddin Zainal Abidin.

Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan, melalui peluncuran peta NKRI seri terbaru di kota Sabang ini akan menjadi pemicu semangat warga negara dalam memperkuat kedaulatan NKRI.

“Tempat peluncuran peta NKRI ini mudah- mudahan berkah. Sebagai kota titik Nol Indonesia, menjadi pemicu semangat kita untuk memperkuat kedaulatan NKRI dari kota wisata ini,” ucapnya.

Gubernur  juga mengatakan, peta terbaru ini tidak sekedar menggambarkan letak negara Indonesia dalam lingkaran peta dunia, tapi merupakan upaya untuk menghadirkan peta yang lebih konkrit tentang geospasial berbagai wilayah Indonesia.

Sementara itu, Kepala Badan Informasi Geospasial, Prof. Ir. Hassanuddin Z. Abidin, M.Sc mengatakan, Peta NKRI edisi tahun 2017 telah diperbaharui sesuai dengan dinamika perkembangan isu-isu penting dan perkembangan wilayah nasional.

Sedangkan pencanangan Gerakan Menebar Sejuta Peta untuk Negeri kata Hassanuddin, dilaksanakan sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab Badan Informasi Geospasial dalam menyebarluaskan informasi geospasial, berupa peta kepada masyarakat Indonesia.

“Tujuan dari pembaharuan peta NKRI ini agar seluruh masyarakat beserta seluruh stakeholder mendapatkan informasi dna gambaran umum tentang wilayah NKRI sesuai dengan kondisi terkini,” kata Hasanuddin.

Selain dihadiri Dandim, Launching Peta NKRI 2017 tersebut juga dihadiri, Walikota Sabang, Danlanudal Sabang,  Dansatrad 233/SBG, Danlanal Sabang, Kapolres Sabang, Kepala Bappeda Kota Sabang dan seluruh Forkopinda Kota Sabang.